Ratusan Peserta Ikuti Upacara Sumpah Pemuda 2018 Di Ranu Kumbolo

Upacara Sumpah Pemuda 2018 di Ranu Kumbolo. (Foto: Pawitra/JatimTIMES)
Upacara Sumpah Pemuda 2018 di Ranu Kumbolo. (Foto: Pawitra/JatimTIMES)

BLITARTIMES, LUMAJANG – Ratusan orang mengikuti Upacara Sumpah Pemuda ke-90 di Ranu Kumbolo, Lumajang. Sebagai tradisi yang setiap tahun selalu digelar oleh Pemkab Lumajang, acara di ketinggian 2.400 mdpl tak hanya diikuti warga Lumajang, tapi juga pecinta alam dan pendaki gunung dari berbagai daerah.

Tercatat Pemkab Lumajang pada hari Sabtu (27/10/2018) memberangkatkan 225 orang yang ikut Ekspedisi Ranu Kumbolo, dengan mengendarai truk Yonif 527, BPBD Lumajang, Satpol PP, Dishub Lumajang dan beberapa mobil dinas Pemkab Lumajang.

"Dari tahun ke tahun selalu ada perubahannya, yang jelas misinya untuk memelihara alam ini biar tidak ada yang merusak konservasi alam terutama Ranu Kumbolo," papar Kapt. ARH. Siswoto yang menjadi inspektur upacara di Ranu Kumbolo, Minggu (28/10/2018)

Lebih lanjut, Pasi Ops Kodim 0821 Lumajang tersebut juga menyatakan bahwa Ranu Kumbolo merupakan kebanggaan warga Lumajang. Diperkirakan 750 orang ikut pada upacara Hari Sumpah Pemuda 2018 tersebut.

Pasi Ops Kodim 0821 Lumajang, Kapt. Siswoto sebagai inspektur upacara. (Foto: Pawitra/JatimTIMES)

Selain tim ekspedisi dari Pemkab Lumajang, pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga mengundang 250 pelajar dan komunitas pecinta alam di Lumajang. Jumlah ini belum termasuk perorangan, kelompok maupun komunitas yang secara inisiatif masing-masing mengikuti upacara ini.

"Berbagai komunitas ikut pada upacara ini, termasuk pecinta alam yang dari luar Lumajang juga turut menyampaikan rasa bangga atas kegiatan tersebut. Harapannya mereka bisa menyampaikan kepada khalayak bahwa Lumajang punya kebanggan atas digelarnya upacara Sumpah Pemuda di Ranu Kumbolo ini," tambahnya.

"Setelah upacara ini seluruh peserta juga akan membersihkan area sekitar untuk dibawa turun jadi tidak ada satupun sampah yang tertinggal," jelas Kapt. Siswoto.

Ekspedisi dan Upacara Sumpah Pemuda Ranu Kumbolo tidak sekedar upacara, namun juga membawa misi memperkenalkan keindahan panorama Ranu Pane dan Ranu Kumbolo.

Setelah upacara, pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) juga melakukan penanaman bibit pohon cemara di area Ranu Kumbolo. Penanaman pohon ini merupakan salah satu agenda tahunan TNBTS, yang dilaksanakan setiap peringatan Hari Sumpah Pemuda.

"Ada 200 bibit cemara yang ditanam untuk mencegah erosi di Tanjakan Cinta terutama saat hujan," ungkap Agung Siswoyo, Kepala Resort PTN Wilayah Ranupani.

 

Pewarta : Pawitra Huda Pradana
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top