Tambah Fasilitas Lahan Parkir Sumber Udel, Pemkot Blitar Siapkan Rp 1 Miliar

Water Park Sumber Udel.(Foto : Team BlitarTIMES)
Water Park Sumber Udel.(Foto : Team BlitarTIMES)

BLITARTIMES – Destinasi wisata kebanggaan Kota Blitar, Water Park Sumber Udel, menjadi salah satu sarana pendulang pendapatan asli daerah (PAD). Tetapi, meski pamor eksistensi wisata ini cukup besar di tataran dalam maupun luar daerah, ternyata Water Park Sumber Udel tidak ditunjang salah satu sarana perlengkapan fasilitas kepariwisataan yang kurang memadai, yaitu minimnya lahan parkir.

Pantauan di lapangan, saat ini lahan parkir yang tersedia hanya terdapat lahan di halaman depan Sumber Udel. Tempat parkir ini hanya bisa untuk diisi kendaraan roda dua dengan kapasitas sekitar 50-80 unit. Sedangkan untuk tempat parkir roda empat belum ada lokasi yang memadai.

Akibatnya, jika ramai pengunjung, kendaraan para pengunjung diparkir hingga memakan bahu jalan raya. Hal ini juga bisa menimbulkan bahaya lalu lintas. "Rencananya tahun ini mau dibangun (tempat parkir). Tapi ada beberapa hal yang belum bisa dipenuhi untuk itu. Makanya kami belum bisa memulai," tukas Kabid Pengelola Kawasan Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkot Blitar Heru Santoso.

Heru mengaku pemkot telah menyiapkan anggaran untuk pembangunan tempat parkir Sumber Udel dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1 Miliyar. Jumlah anggaran ini, sambung dia, sekaligus biaya pembebasan lahan parkir yang tersedia di sebelah barat Sumber Udel.

Diganjal persoalan teknis yang belum bisa dia penuhi untuk persiapan pembangunan lahan parkir, Pemkot Blitar akan merencanakan kembali pembangunan lahan parkir pada tahun 2019.

"Kami meyakini kalau dari segi wisata, PAD Kota Blitar bisa terbantu melalui retribusi pembelian karcis masuk destinasi wisata dan karcis parkir. Nanti kalau tempat parkirnya sudah ada, otomatis PAD  juga akan ikut terdongkrak," katanya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top