Berstandar FIFA dan Pernah Menampung Ratusan Ribu Penonton, Inilah 10 Stadion Utama di Indonesia

Screenshot Youtube (TEGESAN)
Screenshot Youtube (TEGESAN)

BLITARTIMES, MALANG – Sepak bola adalah olahraga paling populer di Indonesia, bahkan di dunia. Tak heran jika kini banyak stadion megah dan kualitasnya baik. Stadion lama pun juga direnovasi agar berstandar FIFA.

Berikut MalangTIMES hadirkan 10 stadion terbesar dan termegah di Indonesia.

1. Stadion Pakansari

Stadion bertaraf internasional yang berada di Cibinong, Bogor, ini mampu menampung 31.000 penonton. Pengerjaan proyek stadion ini membutuhkan waktu selama tiga tahun.

Sejak berdiri, stadion ini sudah beberapa kali menggelar pertandingan Timnas Indonesia. Sebelumnya, tim seperti Persikabo Bogor dan PS TIRA (dulu PS TNI) juga pernah menggunakan stadion ini sebagai kandang mereka.

2. Stadion Patriot 

Berlokasi di daerah Bekasi, stadion ini dibangun pada 1980 yang digunakan awal untuk Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat  IV tahun 1984.

Tahun 2012 stadion ini direnovasi dan diresmikan pada 11 Maret 2014 silam. Kapasitasnya bisa menampung 30.000 penonton.

Dulu stadion ini adalah kandang klub Persipasi Bekasi dan kandang sementara klub ibu kota Persija Jakarta.

3. Stadion Gelora Sriwijaya 

Lebih dikenal dengan nama Stadion Jakabaring. Stadion ini salah satu stadion multifungsi terbesar yang ada di Indonesia.

Berlokasi di Palembang, Sumatera Selatan, stadion ini sudah diakui sebagai stadion terbaik yang bertaraf internasional.

Adanya stadion ini juga sebagai saksi klub Sriwijaya FC pernah meraih gelar juara Liga Indonesia 2007. Terakhir, Stadion Jakabaring juga digunakan sebagai salah satu venue gelaran Piala AFF 2018 dan mewakili Indonesia dalam hal penyelenggara.

4. Stadion Maguwoharjo

Stadion kebanggaan klub PSS Sleman ini berlokasi di Sleman, Jogjakarta. Yang menarik, rumput dari stadion ini sangat bagus karena berkategori A yang sesuai dengan standar FIFA.

Tidak perlu dipertanyakan lagi, stadion ini memiliki fasilitas lengkap yang berstandar internasional. Dibangun pada 2005, stadion ini mengalami renovasi pada 2007 setelah terkena gempa bumi pada 27 Mei 2006 silam.

Stadion ini memiliki tipe stadion sepak bola modern  berkonsep 'mini San Siro' dengan ciri khas menara yang terletak di empat penjuru stadion dengan tangga berputarnya. Seperti halnya stadion-stadion modern lain di Eropa, terutama di Inggris, stadion ini tidak memiliki lintasan atletik sehingga penonton akan lebih nyaman dan lebih dekat dalam menyaksikan pertandingan.

5. Stadion Gelora Bung Tomo

Berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, stadion ini adalah kandang dari klub Persebaya. Sebanyak 55.000 hingga 60.000 penonton bisa memenuhi kapasitas tempat duduk di stadion ini.

Karena besarnya stadion ini, lampu untuk menerangi sebesar 1.600 lux. Tentu cerah sekali walau menggelar pertandingan malam hari. Sementara, jenis rumput yang digunakan untuk Stadion Gelora Bung Tomo adalah jenis Zoycia Matrella.

6. Stadion Utama Riau

Stadion yang mulai dibangun pada tahun 2009 silam ini memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 44.000 kursi. Terletak di kawasan Universitas Riau, stadion ini pernah digunakan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) VIII dan kualifikasi Piala Asia.

7. Stadion Aji Imbut

Stadion yang digunakan sebagai kandang klub Mitra Kukar ini berkapasitas 35.000 kursi penonton. Tipe stadion yang berlokasi di Tenggarong, Kutai Kertanegara, ini adalah olimpik. Stadion ini juga memiliki fasilitas memadai dan bertaraf internasional.

Stadion ini juga pernah disebut stadion yang berkonsep mewah seperti stadion yang ada di negara-negara Timur Tengah.

8. Stadion Utama Palaran

Berada di daerah Samarinda, Kalimantan Timur, stadion ini dibangun pada tahun 2005 silam. Stadion ini dulunya adalah kandang klub Persisam Samarinda.

Kapasitas stadion megah ini hingga mencapai 55.000 hingga 60.000 tempat duduk untuk penonton. Untuk membangun stadion semegah itu, ditaksir dana yang keluar hingga mencapai Rp 800 milliar.

Prestasi lainnya adalah, stadion ini pernah ditunjuk oleh PSSI untuk menggelar babak 8 besar Divisi Utama Liga Indonesia 2008.

9. Stadion Gelora Bandung Lautan Api 

Kandang Persib Bandung ini adalah tipe stadion olimpik yang memiliki kualitas rumput sangat bagus bertipe jenis Zoycia Matrella (Linn) Merr, yakni rumput kelas satu standar FIFA.

Maung Bandung (julukan Persib) menjadikan stadion ini sebagai homebase mulai 2014 silam. Stadion ini mampu menampung 38 ribu penonton.

10. Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK)

Stadion yang terletak di Jakarta ini merupakan stadion termegah di Indonesia dan merupakan stadion dengan kapasitas tempat duduk terbanyak hingga saat ini.

Tak hanya stadion. Kawasan GBK di Senayan adalah komplek olahraga yang kualitasnya berstandar internasional.

Stadion ini mulai dibangun pada pertengahan 1955 dan pengerjaan pertamanya selesai pada 1962.  Awalnya stadion ini kuat menampung hingga 100.000 penonton. Namun karena renovasi, akhirnya stadion ini hanya bisa menampung 77.193 penonton. (*)

Pewarta : Hendra Saputra
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top