Kabupaten Blitar Kaya Ikan, tapi Warganya Rendah Konsumsi Ikan, Pemkab Upayakan Ini

Ilustrasi.(Foto : Kalteng Pos)
Ilustrasi.(Foto : Kalteng Pos)

BLITARTIMES – Potensi sumber daya ikan di Kabupaten Blitar selama ini dikenal sangat berlimpah. Mulai dari ikan laut hingga ikan air tawar menjadi sumber daya yang menjadi ikon daerah. Namun sayang, tingkat konsumsi ikan di Blitar ternyata masih minim.

Berdasarkan data Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, rata-rata tingkat konsumsi ikan laut masyarakat Kabupaten Blitar kini hanya 23,5 kilogram per tahun per kapita. “Capaian tersebut, masih perlu ditingkatkan. Sebab jumlah itu masih tergolong rendah,” jelas Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Wawan Widianto.

Terlebih tahun depan, pihaknya akan mentargetkan tingkat konsumsi ikan laut masing-masing warga, minimal 36 kilogram per tahun per kapita.

Menurut Wawan, ada beberapa hal kenapa warga harus banyak konsumsi ikan. Diantaranya mengkonsumsi ikan laut selain menyehatkan bagi perkembangan anak. Yakni perkembangan otak maupun pertumbuhan. Ini penting bagi regenerasi bangsa.

Selain itu, dengan meningkatkan konsumsi ikan laut, maka secara tidak langsung membuka pangsa pasar bagi  nelayan Kabupaten Blitar. Yakni dalam menjual ikan laut hasil tangkapannya. “Upaya ini juga bisa mendorong berkembangnya sektor kelautan dan juga meningkatkan perekonomian warga yang bergerak dibidang kelautan,” katanya.

Ada beberapa hal yang telah dilakukan dinas terkait untuk meningkatkan konsumsi ikan laut. Diantaranya mengumpulkan seluruh nelayan dan masyarakat di Kabupaten Blitar, untuk mensosialisasikan gemar makan ikan. Salah satu sosialisasi yang dilakukan yakni, akan memacu kecerdasan dan pertumbuhan anak. “Dalam sosialisai itu, kami juga melibatkan orang tua (ibu-ibu) dan juga anak,” pungkasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top