Puncak Musim Hujan, Kasus DBD di Kota Blitar Meningkat

Ilustrasi (Foto : Goggle Images)
Ilustrasi (Foto : Goggle Images)

BLITARTIMES – Demam berdarah dengue (DBD) di Kota Blitar kembali mewabah. Dinas kesehatan mencatat hingga akhir Januari ini terjadi 24 kasus penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegepty tersebut.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Blitar, Harni Setjorini, menjelaskan data Dinkes pada awal Januari 2019 menyebutkan ada lima kasus DBD. Namun data yang masuk hingga kemarin di Dinkes, jumlahnya sudah meningkat menjadi 24 kasus DBD.

“Jumlah kasus DBD ini memang ada peningkatan. Januari ini diprediksi puncaknya DBD,” ungkap Harni Setyjorini.

Dikatakannya, naiknya jumlah penderita DBD merupakan sinyal dirata-rata dalam sehari ada satu pasien yang dinyatakan positif DBD. Meski demikian pihaknya memastikan hingga saat ini belum ada laporan pasien DBD yang meninggal dunia.

“Kasus DBD di Kota Blitar menyebar di tiga kecamatan. Kecamatan Sananwetan, Sukorejo, dan Kepanjenkidol,” imbuhnya.

Tiga kecamatan di Kota Blitar perinciannya, di Kecamatan Sananwetan ditemukan 7 kasus, Kecamatan Sukorejo 14 kasus, dan Kecamatan Kepanjenkidol ada 3 kasus DBD. “Dari tiga kecamatan itu kasus paling banyak di Kecamatan Sukorejo,” jelasnya.

Di puncak musim hujan ini Dinkes Kota Blitar meminta kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap cuaca. Selain itu juga lebih menggalakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan tempat tinggal. PSN menjadi salah satu upaya pencegahan yang ampuh agar terhindar dari penyakit DBD.

Semetara itu data dari RSUD Mardi Waluyo menyebutkan, sampai dengan hari ini pasien DBD tercatat mencapai 24 orang. Data dari Januari ini sudah ada 62 pasien DBD yang dirawat di rumah sakit tersebut. “Sebagian pasien sudah pulang,” kata Kasubbag Humas RSUD Mardi Waluyo Joko Purnomo.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top