Wisata Sumur Ember, Pemandian Mata Air Alami dan Pesona Underwater di Kandangan Blitar

Sumber Ember di Desa Kandangan Srengat.(Foto : Team BlitarTIMES)
Sumber Ember di Desa Kandangan Srengat.(Foto : Team BlitarTIMES)

BLITARTIMES – Sumur Ember atau disebut juga Sumber Ember merupakan pemandian alami yang terletak di Desa Kandangan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Pemandian ini terdiri dari kolam tunggal berbentuk persegi, dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Pada bagian pojok timur terdapat 3 pohon beringin raksasa yang menaungi kolam sehingga membuat suasana menjadi teduh.

Keberadaan Sumur Ember berawal dari seorang warga yang menggali sebuah sumur. Namun baru beberapa meter menggali mata air sudah tumpah ruah meluap dan membentuk sebuah kolam.

"Awalnya kata mbah-mbah dulu sini ada yang nggali sumur, tapi baru beberapa meter menggali air itu udah keluar sampek ember-ember, makanya dinamakan Sumur Ember," ungkap Budi (34) warga sekitar Sumur Ember, Rabu (30/1/2019).

Sumber mata airnya pun tak diragukan lagi, selain debet air yang melimpah, air di Sumur Ember juga sangat jernih dan menyegarkan. Airnya yang sangat jernih dengan ikan-ikan kecil yang menarik bisa anda manfaatkan untuk merasakan sensasi terapi ikan. 

Selain itu, konon air dari Sumur Ember juga membawa banyak manfaat dan khasiat menyembuhkan beberapa penyakit. Pada malam hari  pengunjung rela datang hanya untuk berendam dan terapi diantaranya penderita penyakit strook dan asma.

"Bahkan sampek malem hari sini itu gak pernah sepi mas, kadang orang terapi itu malah malem kesininya, orang sakit strook, sakit asma itu udah banyak yang sembuh," jelasnya.

Sumur Ember sebenarnya telah lama dibuka untuk umum namun pengelolaan wisata baru tertata baru-baru ini. Belakangan ini, Budi bersama warga sekitar dan pemerintah desa mulai merencanakan pengembangan ke arah sektor pariwisata. Melihat ramainya pengunjung yang berwisata di Sumur Ember, membawa dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

"Sebenarnya Pokdarwis di sini sudah dibentuk dan ada SK-nya dari kepala desa, akan tetapi pembangunan di sini masih terkendala karena sebagian bukan tanah milik desa," sambung Subana (36) Kasi Pelayanan Desa Kandangan.

Meski suasananya masih sangat alami dan tradisional, namun di lokasi pemandian ini sudah terdapat sejumlah kedai dan kamar ganti. Jadi pengunjung tak perlu risau untuk jajan atau ganti baju di sana.

Kejernihan air Sumur Ember akan semakin terasa saat pengunjung mengeksplore pesona under warternya. Rona cahaya mentari yang menembus kolam akan membentuk pemandangan under water yang memukau. View ini semakin dipercantik dengan adanya ikan-ikan yang berenang ke sana ke mari.

Subana menambahkan, pada tahun ini Pemerintah Desa Kandangan bersama dengan Bumdes dan Pokdarwis optimis nantinya Wisata Sumur Ember akan menambah sarana dan prasarana untuk kenyamanan pengunjung. "Grand desainnya, nantinya tanah sebelah itu akan disewa Bumdes melalui Unit Pengembangan Pariwisata. Dan nantinya akan dibangun kolam lagi untuk wanita dan anak. Selain itu, harapannya dari dana investasi Bumdes itu kelengkapan kayak penyewaan camera underwater dan sarana penunjang lainnya bisa terpenuhi," pungkasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top