Dikira Sehat, Tujuh Makanan Ini Ternyata Berbahaya bagi Tubuh

Ilustrasi (youtube)
Ilustrasi (youtube)

BLITARTIMES, MALANG – Mengonsumsi segala jenis olahan makanan tentu menjadi kebutuhan tubuh. Selain untuk kebutuhan mengenyangkan dan menambah energi, makanan yang dikonsumsi tentu harus memiliki kadar gizi yang tepat dong ya.

Bukan hanya itu. Saat akan mengonsumsi sesuatu, tak jarang kita harus memastikan terlebih dulu jika makanan yang akan dikonsumsi itu sehat dan tidak berbahaya. Tapi tahu tidak sih gengs, ternyata ada banyak jenis makanan yang selama ini kita kira sehat, namun ternyata tidak demikian. Bahkan berbahaya untuk tubuh kita.

Dilansir dari channel youtube YtCrush, berikut tujuh makanan yang sering dikira sehat namun ternyata sangat berbahaya bagi tubuh.

1. Jamur


Siapa yang tidak suka dengan jamur. Sebagian dari kita tentu sangat menyukai jenis makanan yang satu ini. Sebab, teksturnya yang kenyal kebanyakan membuat pecinta jamur merasa ketagihan. Terlebih jamur merupakan salah satu jenis makanan yang bisa diolah menjadi aneka jenis olahan. Mulai ditumis hingga dibuat sebagai sop.

Tapi tahukah kalian, jamur bisa menjadi racun bagi tubuh ketika setelah dimasak dipanaskan secara berulang-ulang. Jadi, jangan sampai sering memanaskan jamur yang sudah kalian masak ya gengs.

2. Frozen Yoghurt


Mengonsumsi yoghurt tentu sangat baik untuk usus kita gengs. Soalnya, yogurt memiliki kandungan bakteri baik yang dapat menjaga kesehatan usus dan pencernaan kita. Tapi, mengonsumsi yoghurt tentu sangat tidak diperkenankan dalam jumlah besar ya.

Mengonsumsi dua buah yoghurt dalam kemasan besar dapat menambah hingga 500 kalori. Jika dikonsumsi dengan jumlah besar, tentu ini akan sangat berbahaya.

3. Ikan Tuna


Ikan tuna tentu sudah dikenal akan kandungan asam lemak omega 3 yang sangat bagus untuk tubuh kita. Tapi sekali lagi gengs, mengonsumsi tuna dalam jumlah besar tentu sangat tidak disarankan karena ikan tuna sendiri  tercemar merkuri. Merkuri ini sendiri dapat berbahaya bagi pertumbuhan gen dan kesehatan tubuh.

4. Hati Hewan


Hati hewan memang memiliki kandungan gizi. Tapi mengonsumsi dalam jumlah besar sangat tidak disarankan karena dapat mengakibatkan seseorang keracunan vitamin A. Selain itu, mengonsumsi hati hewan dalam jumlah besar juga memungkinkan seseorang keracunan tembaga loh gengs. Ngeri banget kan.

5. Apel


Wah, para pecinta apel tentu bingung nih mengapa buah yang sangat segar dan enak dikonsumsi saat siang hari ini masuk dalam daftar deretan makanan yang berbahaya bagi tubuh. Tapi tenang, bukan daging  apel yang dimaksud berbahaya.

Mengonsumi apel akan sangat berbahaya ketika biji apel ikut termakan. Sebab, biji apel ternyata mengandung amygdalin yang akan berbahaya saat melakukan kontak dengan enzim manusia. Jika kontak itu terjadi, maka dapat mengeluarkan zat sianida, racun yang mematikan dan memang sangat berbahaya.

6. Seledri


Buat yang doyan masak menggunakan seledri, sebaiknya mulai menghilangkan kebiasaan buruk memasukkan seledri dalam air yang panas. Sebab,  ternyata memasukkan seledri pada kuah panas dapat menyebabkan seledri mengeluarkan zat nitrit yang berbahaya bagi tubuh kita.

7. Susu Almond


Kandungan lemak dari almond sangat baik untuk kesehatan jantung kita gengs. Tapi tahu tidak sih kalian, di beberapa pabrik yang mengolah susu almond, ternyata juga turut dicampur dengan sederet bahan kimia. Seperti pemanis buatan hingga pengawet. Inilah yang menyebabkan susu almond sangat tidak baik dikonsumsi secara berlebihan.

Nah, itu tadi tujuh makanan yang selama ini kita nilai sangat sehat bagi tubuh, tapi kenyataannya tidak sepenuhnya gengs. Jadi, saat akan mengonsumi sesuatu, ada baiknya sesuai takaran dan tidak berlebihan ya gengs meskipun makanan itu sudah dipastikan mengandung zat yang baik untuk tubuh. Sekian informasinya, semoga bermanfaat ya. 

 

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top