Gak Cuma Mahal, 10 Makanan Ini Juga Sangat Langka di Dunia

Ilustrasi makanan berbahan emas
Ilustrasi makanan berbahan emas

BLITARTIMES, MALANG –  Setiap individu pasti memiliki preferensi sendiri-sendiri tentang hal apa yang disukai ataupun yang tidak disukai. Tapi jika ditanyakan kepada orang, berapa banyak sih yang mengatakan tidak menyukai makanan yang enak ? sepertinya jarang.

Tapi terlepas dari masalah diet ataupun subjektivitas jenis makanan, setiap orang pasti ingin menikmati hidangan lezat dan makanan enak. Untuk mendapatkan makanan yang lezat, terkadang bahannya sangat sulit untuk didapat. Dan itulah sebabnya mengapa banyak orang rela membayar mahal untuk bisa menikmati sesuatu yang berbeda dan tidak banyak di pasaran.

Jadi jika kalian berkesempatan untuk mencoba makanan-makanan yang sangat langka, kalian harus bersyukur. Lalu apa saja ya makanan-makanan yang paling mahal dan bahan bakunya sangat langka, mari kita simak informasinya berikut ini dirangkum dari Channel Daftar Populer.

1. Saffron

Saffron adalah salah satu rempah asal India yang juga banyak digemari di seluruh dunia. Walaupun saffron tumbuh di banyak tempat di dunia, tetapi kelangkaannya lebih karena faktor sulit memanen hasilnya yang baik.

Untuk dapat menanam saffron secara sukses maka antara 50000 sampai 75000 bunga saffron harus ditanam dan dipanen secara teliti.

Sulitnya mendapat hasil panen yang baik membuat harganya berkisar antara 500 dolar hingga 5000 dolar atau setara dengan Rp 6,8 juta hingga Rp 68 juta bergantung pada kualitasnya.

2. Densuke Watermelon

Bagi kalian seorang penggemar berat buah semangka, pernahkah kalian terbayang akan membayar 6000 dolar lebih atau sekitar Rp 83 juta untuk menikmati sebuah semangka, kebanyakan orang pasti bilang enggak lah.

Tetapi bagi sebagian kecil orang, harga untuk menikmati sebuah semangka densuke dengan lapisan luar cenderung hitam hampir tanpa garis yang banyak tumbuh di pulau Hokkaido ini, setimpal. Sebab semangka ini begitu langka. Semangka ini hanya berbuah sebanyak 65 buah dalam setahun. Sehingga tidak banyak yang berkesempatan untuk mencobanya.

3. Yubari Melon.

Bentuk dari Yubari Melon sangat mirip dengan melon kuning pada umumnya. Tetapi soal rasa, jangan coba bandingkan. Bentuknya terbilang membulat, lebih sempurna dengan rasa manis yang berbeda dari melon biasanya.

Harganya pun relatif lebih murah dibandingkan dengan semangka Densuke. Tapi tentu saja harganya masih tetap mahal sekitar 150 dolar atau sekitar Rp 2 juta lebih untuk mencicipi satu buahnya. Sesuai dengan namanya melon Yubari tumbuh di daerah Yubari di pulau Hokkaido.

Dan rasa manis yang didapatkan dikabarkan berasal dari tanah vulkanik dari kawah gunung berapi yang ada di sana.

4. Matshuke Mushroom

Jenis jamur ini tumbuh di banyak negara di dunia. Tetapi pertama kali diakui sebagai salah satu hidangan berkelas oleh orang Jepang. Rasanya yang pedas dan berisi dikabarkan hampir mirip dengan jamur portobello.

Jamur ini sangat sulit dihasilkan. Jamur matsutake yang diimpor ke Jepang harganya sekitar 90 dolar atau sekitar Rp 1,2 juta per kg. Tetapi jika jamur ini tumbuh langsung di Jepang, maka harga pasarannya berada di atas 2000 dolar atau sekitar Rp 27 juta per kg nya.

5. Chocopologie By Knipschildt.

Dari namanya saja, sudah jelas hidangan ini bukanlah hidangan murahan atau coklat biasa. Ahli cokelat membuat hidangan ini dari dark coklat dan atau jamur paling langka. Cokelat ini mulai diproduksi pada tahun 1996 dan masih diproduksi hingga sekarang.

Kalau ditanya harganya, tak usah heran lagi, jika harganya begitu mahal. Sekitar 2600 dolar atau sekitar Rp 35 juta per pot. Wah bisa beli dua motor tuh.

6. Kobe Beef

Kalian penggemar steak sudah pasti pernah mendengar tentang Kobe Beef. Sapi yang menghasilkan daging jenis ini sangatlah diperhatikan pertumbuhannya termasuk mendapat makanan terbaik.

Mencicipi bir yang menenangkan dan mendapatkan pijatan setiap harinya untuk menjamin kualitas daging yang terbaik. Masalah harganya jangan heran, sepotong  daging dengan marbling yang baik bisa dihargai 770 dolar atau sekitar Rp 10 juta per kg.

7. Almas Caviar

Caviar sudah lama identik dengan hidangan kelas atas. Caviar sendiri adalah sebuah telur ikan yang sangatlah susah untuk diproduksi. Dari antara banyak jenis Caviar lainnya, Almas Caviar adalah gold standard yang terbaik di antara yang lain.

Ya Caviar jenis ini dihasilkan dari gas Sturgeon Fish, yaitu spesies ikan yang kabarnya sudah ada dari sejak zaman dinosaurus. Harga jual per ponnya juga tak main-main, bisa mencapai 8400 dolar hingga 15500 dolar atau sekitar Rp 11,5 juta hingga Rp 213 juta, tergantung kualitasnya.

Jenis ikan penghasilnya memerlukan waktu yang sangat lama hingga menghasilkan telur. Sekitar 20 tahun. Almas Caviar hanya dijual di satu toko di kota London, the Caviar House. Untuk mendapatkannya cobalah untuk menelpon sekarang, karena waitinglist nya memakan waktu hingga 4 tahun.

8. White Truffle

White Truffle adalah jenis jamur yang masih merupakan saudara dari Black Truffle yang juga sangatlah langka kebanyakan dari jenisnya. Jamur ini tumbuh di Italia, Prancis dan Kroasia.

Jamur ini terkenal sangat sulit untuk bisa dipanen. Dan untuk mendapatkannya, maka harus mencarinya di alam liar. Dan jangan kaget, nilai jualnya pun berkisar antara 1360 dolar hingga 4200 dolar atau sekitar Rp 18 juta hingga Rp 5.000.000 per pon nya. Pernah sekali jamur ini didapati berat 3,3 kg dan terjual dengan harga 330000 dolar atau sekitar Rp 4,5 miliar dalam sebuah acara lelang.

9. Bird Nest Soup

Hidangan yang sangat terkenal di Tiongkok ini, juga dianggap sebagai salah satu makanan paling langka di dunia. Peredarannya di negara Tiongkok sendiri dikabarkan sudah selama lebih dari 400 tahun.

Sulitnya mendapatkan sarang burung ini, karena kebanyakan posisinya berada di dalam goa. Sarang burung sendiri terbuat dari air liur jenis burung khusus. Harganya dikabarkan berkisar antara 910 hingga 4535 dolar atau sekitar Rp 12 juta hingga 60 Rp 2.000.000 per pon nya.

10. Gold.

Memang emas makanan paling langka dalam list ini. Banyak orang dengan uang berlimpah tidak hanya ingin memiliki banyak emas, tetapi juga mau memakannya. Rasa emas sendiri dikabarkan cenderung hambar dan tidak menambah rasa pada makanan.

Tetapi untuk membuat orang lain iri, mungkin ini adalah makanan yang cocok untuk dihidangkan. Emas yang bisa dimakan harganya sekitar 33000 dolar hingga 110000 dolar atau setara dengan Rp 454 juta hingga Rp 1,5 miliar per kg.

Nah itulah tadi 10 jenis makanan paling langka di dunia yang harganya cukup membuat berfikir untuk memakannya. Gimana? kalian mau mencicipinya?, kalau begitu siapkan kantong tebal-tebal ya. Sekian dulu informasi dari MalangTIMES mengenai makan-makan langka dan sangat mahal. Dan jangan lupa simak terus informasi menarik lainnya hanya di MalangTIMES.com.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top