Setiap Hari Ada 10 Pasien DB Baru di Blitar, Ini Kata Dinkes

Ilustrasi.(Foto : Goggle Images)
Ilustrasi.(Foto : Goggle Images)

BLITARTIMES – Wabah demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Blitar terjadi peningkatan signifikan.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar  menunjukkan rata-rata bertambah 10 penderita DBD per hari pada bulan Februari 2019.

Meski demikian, jumlah penderita cenderung turun jika dibandingkan dengan kasus DB pada Januari lalu. Berdasarkan data dari Dinkes, pada Februari (tanggal 1-18), terdapat 54 kasus DB.

Jika dikalkulasi, bulan ini jumlah warga yang terserang DB rata-rata 3 hingga 5 orang per hari. Jumlah tersebut turun drastis jika dibandingkan Januari lalu. Dalam kurun satu bulan, jumlah penderita DB mencapai 300 kasus. “Januari lalu, jika dikalkulasi ada lebih dari 10 kasus DB setiap harinya,” jelas Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinkes Kabupaten Blitar, Krisna Yekti.

Menurut dia, bulan ini kasus DB trennya mengalami penurunan. Bahkan, kini penderita DB yang menjalani perawatan medis di rumah sakit atau puskesmas juga turun. Dia melanjutkan ada beberapa hal yang menyebabkan tren kasus DB turun. Salah satunya, intensitas hujan mulai berkurang.

Selain itu, kesadaran warga dalam melakukan pemberantasan sarang nyamuk juga tinggi. Dia berharap agar masyarakat tetap rutin membersihkan lingkungan dengan cara menguras, menutup dan mengubur (3M). “Upaya tersebut bisa memutuskan mata rantai perkembangan nyamuk penyebab DB,” tuntasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top