Cegah Wabah DBD, Tiga Pilar Kelurahan Klemunan Blitar Gelar PSN

Giat PSN yang dilaksanakan tiga pilar Kelurahan Klemunan dan masyarakat.(Foto : Team BlitarTIMES)
Giat PSN yang dilaksanakan tiga pilar Kelurahan Klemunan dan masyarakat.(Foto : Team BlitarTIMES)

BLITARTIMES – Tiga pilar Kelurahan Klemunan, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar bekejasama dengan Dinas Kesehatan Pemkab Blitar, melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), Jumat (22/2/2019). Pemberantasan sebagai upaya pencegahan wabah nyamuk demam berdarah.

Babinsa Kelurahan Klemunan Koramil 0808/12 Wlingi, Sertu Danu, mengatakan kejadian penyakit demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Blitar cenderung meningkat pada pertengahan musim hujan. Salah satu upaya penanganan DBD adalah dengan menggalakkan 3M (Menguras, menutup penampungan air dan Menimbun barang bekas).

“Oleh karenanya program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim hujan,” ungkap Sertu Danu.

Dikatakannya, Koramil 0808/12 Wlingi bekerja sama dengan kepolisian, Pemerintah Kecamatan dan unsur masyarakat, bersama-sama memberantas sarang nyamuk di wilayah Kelurahan Klemunan agar tidak ada korban penyakit DBD. Selain menggalakkan 3M, tiga pilar juga memberikan penyuluhan kepada warga agar senantiasa menjaga kebersihan.

“Terjadinya DBD di wilayah Blitar berhubungan dengan berbagai faktor Lingkungan yang masih kondusif untuk terjadinya tempat perindukan nyamuk Aedes Aegypti. Wabah DB terjadi akibat pemahaman masyarakat yang masih terbatas mengenai pentingnya pemberantasan sarang nyamuk, perluasan daerah akibat perubahan dan manipulasi lingkungan yang terjadi karena pembangunan tempat pemukiman baru serta Meningkatnya mobilitas penduduk,” tambah dia.

Tiga pilar Kelurahan Klemunan terdiri dari Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, berharap kerjasama dengan Dinkes Pemkab Blitar dapat terus berlanjut. Guna menciptakan masyarakat yang sadar kebersihan. Serta mendukung program Kabupaten Blitar sehat yang dicanangkan Bupati Blitar.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top