Lokasi Baru Puskesmas Kanigoro Masih Belum Ditentukan

Ilustrasi.(Foto : Tribunnews)
Ilustrasi.(Foto : Tribunnews)

BLITARTIMES – Dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar sebagai tim pembangunan Puskesmas Kanigoro masih tahu persis kapan dan dimana pembangunan pusat kesehatan itu didirikan.

"Awalnya sih, memang mau ditempatkan di sekitar situ (Pasar Baru Kanigoro), sekarang masih menunggu hasil kajian," ujar Kepala Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar, dr Christine Indarwati.

Christine menyebut lokasi yang bakal digunakan tempat relokasi Puskesmas Kanigoro masih belum jelas. Rencana awal penempatan di komplek Pasar Baru Kanigoro di lahan eks lapangan Kelurahan Satriyan, belum terealisasi.

Sebelumnya tempat relokasi Puskesmas Kanigoro itu, rencananya berada di sekitar Pasar Baru Kanigoro. Namun karena ada beberapa faktor akhirnya lokasi tersebut masih belum bisa dipastikan sebagai tempat relokasi.

Bak gayung bersambung, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Blitar Puguh Imam Susanto seirama mengatakan, sampai sekarang tempat relokasi Puskesmas Kanigoro masih belum di tentukan.

"Belum ditentukan tempat pastinya. Jadi sampai sekarang kami belum tahu mau dipindah kemana Puskesmas Kanigoro tersebut," ujarnya.

Walaupun demikian, ada beberapa alternatif lokasi, yakni lapangan Kelurahan Kanigoro yang berada di timur simpang empat Kanigoro, tapi lokasinya sedikit masuk ke arah selatan. Satunya berada di sekitar kompleks Pasar Baru Kanigoro yang ada di Kelurahan Satriyan.

"Saat ini dua lokasi tersebut masih dikaji, di sekitar kompleks Pasar Baru atau di tempat alternative kedua," jelasnya.

Karena lokasinya masih belum pasti, otomatis pembangunan Puskesmas Kanigoro, masih belum bisa dilaksanakan. Padahal, anggaran untuk relokasi Puskesmas Kanigoro, sudah disediakan, yakni sekitar Rp 3 miliar.

"Yang jelas, proses pembangunan Puskesmas Kanigoro di tempat baru, dilaksanakan tahun ini dan ditargetkan selesai tahun ini juga," imbuhnya.

Seperti diinformasikan Puskesmas Kanigoro yang berada di Jalan Kusuma Bangsa Kanigoro, terpaksa direlokasi karena dinilai sudah tidak representative, dimana lahan dengan puskesmas terkena gusur akibat pembangunan trotoar.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top