Pimpin Rapat Evaluasi Smart City, Bupati Blitar: Sangat Bermanfaat untuk Masyarakat

Rapat evaluasi
Rapat evaluasi 'Implementasi Smart City' di ruang Candi Penataran kantor Pemkab Blitar.(Foto : Team BlitarTIMES)

BLITARTIMES – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar rapat evaluasi 'Implementasi Smart City' di ruang Candi Penataran kantor Pemkab Blitar, Kota Kanigoro, Kamis (16/05/2019).

Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Blitar Rijanto. Turut hadir dalam agenda ini Asisten dan Kabag Pemkab Blitar, Pimpinan Petinggi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Blitar. Pelaku UMKM, asosiasi-asosiasi, dan pegiat ekonomi kreatif di Kabupaten Blitar mengikuti kegiatan tersebut.

Bupati Blitar Rijanto dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Blitar telah ikut program Smart City yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) itu sudah berjalan satu tahun.

Menurut bupati, program Smart City selain membantu mempromosikan potensi kearifan lokal yang dikemas melalui destinasi wisata di tataran regional, nasional hingga internasional, juga erat kaitannya bermanfaat besar bagi masyarakat luas melalui pelayanan oleh pemerintah.

"Progresnya setahun ini luar biasa. Dinas Kominfo karena didukung semua pihak, nampaknya ada peningkatan layanan masyarakat hingga tingkat desa," jelas Bupati Rijanto kepada awak media seusai membuka giat evaluasi Implementasi Smart City.

Selain pelayanan umum masyarakat, sambung dia, potensi kearifan lokal melalui destinasi wisata, produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bisa dimasukkan ke dalam program Smart City. Itu harus dilakukan sebagai pengembangan program pemerintah, mengingat persaingan usaha antar daerah semakin bergeliat di tengah arus derasnya modernisasi.

"Jadi semua bisa kita masukkan. Menyangkut kesehatan, lingkungan, pelayanan masyarakat, UMKM. Kemarin kita untuk UMKM juga sudah bekerjasama dengan BukaLapak," jelas orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Blitar masuk dalam kelompok daerah di Indonesia yang cakap melaksanakan program Smart City. Sejak bergabung pada tahun 2015, Kabupaten Blitar lolos seleksi oleh Kemenkominfo, sebagai daerah yang dianggap mumpuni menerapkan Smart City.

Proses seleksi berakhir hingga tahun 2018, yang mana ditandai dengan pembentukan master plan Smart City Kabupaten Blitar 2018. Setelah berjalan satu tahun, manfaat besar bagi Pemkab Blitar dan masyarakat Kabupaten Blitar bisa dicapai. Kedepan, Pemkab Blitar akan meningkatkan kapasitas pelaksanaan Smart City Kabupaten Blitar, dengan ditandai telah dibangunnya Command Center sebagai basis akses masyarakat untuk memperoleh informasi dan program Pemerintah Kabupaten Blitar.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top