Respons Protes Warga, Dinas PU Pemkab Blitar Gelontorkan Rp 441 Juta Perbaiki Jalan Rusak di Desa Tlogo

Warga mencorat coret dan memasang spanduk di jalan Desa Tlogo yang rusak
Warga mencorat coret dan memasang spanduk di jalan Desa Tlogo yang rusak

BLITARTIMES – Guna memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Blitar akan infrastruktur jalan yang nyaman dengan kondisi mantap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemkab Blitar, terus melakukan pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan.

Salah satu titik jalan yang menjadi prioritas segera direalisasikan pembangunannya adalah jalan rusak di Dusun Tlogo, Kecamatan Kanigoro.

Jalan kabupaten itu tepat berada di utara Gapura Agung Tlogo.

Kabid Jalan Dinas PUPR, Nanang Adi mengatakan rencana perbaikan jalan itu saat ini masih dalam tahap lelang. 

Sehingga masyarakat harus bersabar menunggu tahap lelang.

"Sebenarnya jalan itu sudah masuk di Dokumen Perencanaan Anggaran (DPA) tahun 2019. Anggaranya sekitar Rp 441 juta. Namun tahapan pengumuman lelang saat ini harus pada hari kerja. Sehingga estimasinya proyek perbaikan dimungkinkan baru bisa dilaksanakan bulan Juni," ungkap Nanang Adi, Kamis (16/5/2019).

Dikatakannya, perbaikan jalan sepanjang 2 Kilometer itu nantinya meliputi pelebaran ujung jalan, pembuatan drainase dan hotmix. 

"Sebenarnya tahun 2017 lalu sudah pernah diperbaiki, tambal sulam. Namun karena posisinya disana sering ada genangan air kemudian rusak lagi," jelasnya.

Pengusulan perbaikan jalan selain melalui prosedur formal seperti Musrenbang, sebenarnya bisa dilakukan pemerintah desa ke Dinas PUPR melalui Musyawarah Rencana Pembangunan. 

Selama ini beberapa pemerintah desa yang mengusulkan perbaikan jalan ke Dinas PUPR tidak ada yang pulang dengan tangan kosong. 

Artinya semua usulan itu akan langsung direspon oleh Dinas PUPR.

"Jika ada kepala desa yang datang ke kami mengusulkan perbaikan selalu kami respons dan segera kami usulkan. Selain prosedur formal melalui Musrenbang," imbuhnya.

Untuk diketahui, sebelumnya sekelompok warga mencorat-coref jalan di Dusun Tlogo dengan cat pilox dan memasang spanduk berisi protes jalan rusak. 

Aksi ini dilakukan untuk menyampaikan keluhan warga terkait kerusakan jalan yang dinilai tak segera ditanggapi oleh Pemkab.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top