Bisa Terkena Stroke, Ini Bahaya yang Terjadi Jika Tidur Lagi Usai Sahur

Ilustrasi tidur usai sahur. (Foto: istimewa)
Ilustrasi tidur usai sahur. (Foto: istimewa)

BLITARTIMES, MALANG – Usai makan sahur dan menjalankan ibadah salat subuh ada beberapa orang kembali untuk tidur. Namun banyak yang tidak mengetahui jika kembali tidur setelah makan sahur bertolak belakang dengan kebiasaan rasullulah dan para sahabatnya. 

Bahkan itu berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Rasulullah SAW tidak langsung tidur usai makan sahur.

Namun beliau melakukan aktivitas lebih dahulu agar makanan masuk ke dalam lambung dengan cepat dan mudah dicerna. Berikut 4 ancaman pada tubuh apabila tidur lagi setelah sahur:
?
1. Terkena stroke
Studi dari Yunani pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa orang yang menunggu setidaknya satu jam setelah makan untuk kemudian tidur, berpotensi memiliki risiko stroke lebih rendah hingga 66 persen dibandingkan dengan orang yang langsung tidur setelah makan.

2. Gangguan asam lambung
Usai makan, tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan. Dalam hal ini adalah lambung. Selama proses itu, tubuh harus menghancurkan makanan yang masuk, menyerap nutrisi yang terkandung di dalamnya, lalu membuang sisa-sisa pencernaan. Sehingga dalam posisi tidur, saluran pencernaan tidak bekerja dengan baik dan makanan tidak dicerna oleh tubuh.

3. Terjadi refluks
Refluks merupakan penyakit yang timbul akibat kelemahan katup antara lambung dan kerongkongan yang mengakibatkan timbul semacam rasa dada terbakar.

4. Sakit kepala
Dan tidur usai sahur juga akan mengakibatkan leher menjadi sakit bahkan terasa kaku. Saat bangun, kita tidak akan mendapatkan kesegaran bahkan hanya sakit yang akan diterima, terutama pada bagian belakang kepala.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top