Kasi Pengelolaan dan Pemprosesan Sampah DLH Pemkab Blitar Eko Harnanto.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Kasi Pengelolaan dan Pemprosesan Sampah DLH Pemkab Blitar Eko Harnanto.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)



Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Blitar akan menggelar pelatihan pengelolaan dan daur ulang sampah. Untuk tahun ini, pelatihan akan dipusatkan di enam kecamatan di wilayah Kabupaten Blitar.

Kasi Pengelolaan dan Pemprosesan Sampah DLH Pemkab Blitar, Eko Harnanto, mengatakan 6 kecamatan yang akan diberikan pelatihan masing-masing Kecamatan Doko, Kesamben, Wlingi, Sutojayan, Binangun dan Srengat. Pelatihan akan dilaksanakan di daerah yang berdekatan dengan tempat pembuangan akhir sampah (TPA) sebagai bentuk pemberdayaan.

“Harapan kami masyarakat di sekitar TPA bisa menambah income dari pemilahan dan pengolahan sampah,” ungkap Eko Harnanto (17/5/2019).

Setelah pelatihan ini, DLH akan memberikan pendampingan agar masyarakat benar-benar bisa mendaur ulang sampah. Menurut Eko, arah kegiatan ini nantinya adalah pembentukan bank sampah di wilayah Kabupaten Blitar.

Dalam pengolahan sampah, DLH Pemkab Blitar telah merintis kerja sama dengan pengepul untuk mempermudah masyarakat dalam menjual sampah yang dipilah. Selain itu, DLH memberikan bekal keterampilan mengolah sampah itu menjadi barang bernilai seperti tas dan lainya.

“Lalu untuk yang tidak bisa kami jual seperti kresek, bisa dimanfaatkan untuk minyak (BBM). Untuk tahun ini, kami kucurkan anggaran pengadaan alat pengolah plastik menjadi BBM,” sambungnya.

Lebih dalam Eko menyampaikan, pelatihan yang akan dilaksanakan ini merupakan kegiatan yang bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT). Dalam pelaksanaanya, kegiatan ini akan dilaksanakan pasca-Lebaran di sekitar bulan Juni.

 

Tag's Berita blitar berita blitar

End of content

No more pages to load