Pemkab Buat Perbup, THR ASN Dipastikan Cair Tepat Waktu

Ilustrasi.(Foto : rakyatpapua.com)
Ilustrasi.(Foto : rakyatpapua.com)

BLITARTIMES – Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di lingkungan Pemkab Blitar bisa bernafas lega. Pasalnya  tunjangan hari raya (THR) atau gaji ke-14 dipastikan cair tepat waktu.

Itu setelah adanya aturan bahwa pencairan THR tidak harus menunggu dibuatkan peraturan daerah (Perda), tapi mengacu peraturan bupati atau Perbup. "Sebelumnya, payung hukum pencairan THR merujuk pada perda. Sekarang, perda sudah bisa dijadikan acuan untuk mencairkan THR," jelas Kepala BPKAD Pemkab Blitar, Khusna Lindarti.

Dikatakannya, dengan mengacu pada perbup, maka pencairan THR dipastikan bisa tepat waktu. Sebelumnya, sesuai peraturan pemerintah (PP) Nomor 35 dan 36 Tahun 2019 Pasal 10, disebutkan bahwa petunjuk teknis pencairan THR harus membuat perda terlebih dahulu. Praktis pencairan THR terancam molor karena pembuatan perda butuh waktu lama karena harus melalui proses paripurna.

Tahun ini pencairan THR berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun lalu hanya berlandaskan Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu)."Namun, sekarang sudah ada peraturan, pencairan THR cukup dibuatkan perbup. Pembuatan perbup tanpa harus melalui mekanisme yang membutuhkan waktu lama,” tegas dia.

Sedangkan untuk pencairan gaji ke-13, rencananya akan dilakukan usai lebaran atau Juni mendatang.

Dia menegaskan, termasuk THR atau gaji -14 dan 13, besaran atau nominal yang akan diterima ASN, yakni sesuai dengan besaran gaji pokok. Untuk pencairan THR atau gaji ke-14 dan 13, Pemkab Blitar menggelontorkan anggaran sekitar Rp 100 miliar. "Nominal yang mereka terima yakni 1 x gaji pokok,” pungkasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top