Hari Pertama PPDB Tingkat SD dan SMP di Kota Blitar Diwarnai Error Server

Pengumuman server PPDB tingkat SD dan SMP tahun 2019 yang masih mengalami gangguan jaringan, yang dipasang di Sekretariat SDN Sentul 2 Kota Blitar
Pengumuman server PPDB tingkat SD dan SMP tahun 2019 yang masih mengalami gangguan jaringan, yang dipasang di Sekretariat SDN Sentul 2 Kota Blitar

BLITARTIMES – Hari pertama pelaksanaan pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tingkat SD dan SMP jalur zonasi secara online di Kota Blitar, situs pendaftaran di ppdb.blitarkota.go.id sempat mengalami gangguan sistem jaringan atau 'error server'.

PPDB tingkat SD dan SMP jalur zonasi secara online dimulai hari ini, Senin (20/05/2019) hingga hari Rabu (22/05/2019).

Sekretaris Dindik Pemkot Blitar Dindin Alinurdin menerangkan, error server yang terjadi saat melakukan proses pendaftaran dikarenakan banyaknya akses pendaftar yang melakukan proses pendaftaran.

Disamping banyaknya pendaftar yang melakukan pendaftaran secara manual di situs pendaftaran, juga disebabkan banyaknya orang tua yang mendaftarkan putra putrinya kepada pihak sekolah, yang mana pihak sekolah juga mengakses situs yang sama.

"Antusiasmenya luar biasa untuk pendaftaran jalur zonasi, di hari pertama ini yang dibuka sejak tadi pagi lumayan server agak kewalahan. Karena yang mengakses juga banyak, disamping operator juga orang tua yang ikut mendaftarkan anaknya," jelas dia, Senin (20/05/2019).

Akibat jaringan tersendat, lanjut Dindin, proses pendaftaran sempat diberhentikan sementara sekitar pukul 08.30 WIB. Itu dilakukan untuk meminimalisir kuantitas pendaftar yang memproses pendaftaran. Jika yang mengakses pendaftaran tergolong cukup, sistem pendaftaran dibuka kembali.

Dia berharap kepada pihak pendaftar untuk bijak ketika memproses pendaftaran. Dindin mencontohkan, memproses pendaftaran tidak harus berbarengan di waktu yang sama. Pendaftar bisa memanfaatkan waktu efektif untuk akses pendaftaran yakni di saat tengah malam atau di pagi hari.

"Kesempatan pendaftaran sampai 22 Mei, yang tenang. Kalau gak bisa siang hari, bisa lebih efektif tengah malam atau dini hari," sebutnya.

Diuraikannya, jika sampai tanggal 22 Mei masih ada pendaftar yang belum mendapatkan kursi di sekolah tujuan, pemerintah akan melayaninya untuk ditempatkan di sekolah yang jumlah pagunya belum tercukupi, dengan tetap memperhatikan sistem zonasi jarak domisili pendaftar dengan sekolah.

"Tentu nanti ada laporan, baik lewat sekolah, lewat dinas pendidikan atau lewat kelurahan. Itu pasti kami beri kesempatan untuk mendaftar. Ada toleransi lah. Tapi mudah-mudahan sampai tanggal 22 sudah dapat semua," urainya.

Pagu PPDB tahun 2019 di Kota Blitar untuk tingkat SD terdapat sekitar 1.500 lebih, dari 48 SD negeri se Kota Blitar. Kemudian untuk tingkat SMP negeri, pagu siswa terdapat 2.400 dari 9 SMP negeri yang ada di Kota Blitar. Pagu itu berlaku semua jalur, yakni jalur zonasi, prestasi dan perpindahan tugas orang tua.

Pengumuman hasil PPDB tahun 2019 tingkat SD dan SMP secara online, akan diumumkan tanggal 31 Mei di dinas terkait dan di sekolah.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top