Aktivitas mengaji di Ponpes Nasyrul Ulum Modangan.(Foto : http://oniguz.blogspot.com/)

Aktivitas mengaji di Ponpes Nasyrul Ulum Modangan.(Foto : http://oniguz.blogspot.com/)



Pondok pesantren tidak saja menjadikan generasi umat yang hanya pintar, tetapi juga berakhlak mulia. Menciptakan generasi yang pintar saja gampang tetapi agar bisa berakhlak sangat beraAr

 Konsistensi menciptakan generasi pintar dan berakhlak mulia sebagaimana perjalanan panjang Pondok Pesantren (Ponpes) Nasyrul ‘Ulum atau yang dikenal dengan nama Pondok Modangan karena berada di Desa Modangan, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Pondok ini konsisten menggembleng para santri. Tercatat saat ini, di Ponpes Nasyrul ‘Ulum Putra, ada sekitar 100 santri yang mukim, maupun dari masyarakat sekitar.

Selama Ramadan, para santri mengkaji banyak kitab. Salah satu materi yang disampaikan KH Muhammad Lubbul ‘Aqil dalam ngaji sore adalah menjaga puasa agar tetap berkualitas. Sebagai contoh, dalam puasa Ramadan, umat Islam dilarang berkata bohong serta harus bisa mengendalikan hawa nafsu. “Biar puasanya sempurna. Puasanya dapat, pahalanya juga dapat,” jelas KH Muhammad Lubbul ‘Aqil selaku pengasuh Ponpes Nasyrul ‘Ulum Putra.

Selain itu, pada tahun ajaran baru 2019-2020, ponpes ini akan menyelenggarakan sekolah formal di lingkungan ponpes. Kelas jauh ini merupakan bagian dari MTs Syekh Subakir Nglegok. Untuk sementara, dalam tahap awal masih jenjang MTs yang digelar kelas jauh.

Sedangkan untuk jenjang MA, para santri tetap harus mendatangi madrasah induk. “Saat ini, santri yang menempuh pendidikan tingkat MTs dan MA sekitar 50-an. Dengan adanya kelas jauh, mengurangi kesibukan transportasi antar jemput sekolah,” terangnya.

Ramadan 1440 Hijriah ini, selain menggembleng santri, ponpes ini juga menjadi jujugan para siswa dari SMKN 1 Nglegok dan SMPN 2 Nglegok selama lima hari. “Pondok Ramadan SMKN 1 Nglegok dan SMPN 2 Nglegok bersamaan di awal Ramadan,” jelas salah seorang cucu Mbah Masyur.

Seperti diketahui, Ponpes Nasyrul ‘Ulum merupakan salah satu pondok tua di wilayah Blitar Raya. Pertama kali, ponpes ini dirintis KH Mansyur Abu Said sejak 1918 silam. Beliau kini dimakamkan di belakang masjid kompleks ponpes. KH Mansyur Abu Said dikenal sebagai Kyai yang sangat istiqomah.(*)


End of content

No more pages to load