5 Perempuan yang Bertahan Jadi Ikon Kecantikan Sampai Kini

Cleopatra perempuan yang kecantikannya masih jadi ikon sampai saat ini (Ist)
Cleopatra perempuan yang kecantikannya masih jadi ikon sampai saat ini (Ist)

BLITARTIMES, MALANG – Kecantikan bak dua sisi mata uang bagi perempuan. Satu sisi memberinya ketenaran dan di sisi lain menjadi luka duka berkepanjangan. Sisi ini bisa kita baca di erbagai buku, kitab, pararaton dan sebagainya. 

Sebut saja misalnya kecantikan ibu dari para raja Jawa, Ken Dedes, yang membuatnya harus mengalami duka. Melihat anak keturunannya saling berebut kekuasaan dengan cara saling tikam.
Tapi, kecantikan bagi lima perempuan ini, bisa dikatakan berada pada sisi lainnya. Lepas dari kutuk kecantikannya, lima perempuan pemilik paras kemilau ini mereguk ketenaran sampai kini. Walau jasadnya telah ribuan tahun terkubur.

Siapakah para perempuan pemilik kecantikan yang namanya tetap menjadi ikon para perempuan dan menjadi fantasi para lelaki dari zaman kuno sampai era milenial tersebut. 
Dikutip dari laman listamaze.com lima perempuan dengan kecantikan abadi ini adalah sebagai berikut :

1. Cleopatra VII (69 SM-30 SM)


Siapa yang tidak kenal dengan sosok sang Pharaoh dari Mesir ini. Kecantikan Cleopatra yang hidup tahun 69 SM, tidak hanya menyihir para lelaki di zaman kuno dimana dirinya hidup. Tapi sampai saat ini pun kecantikan Cleopatra menjadi acuan terkait idealisasi perempuan 'sempurna' secara fisik.

Tapi bukan hanya keindahan fisik saja yang membuat Cleopatra abadi dan menjadi ikon kecantikan dalam sejarah. Pengaruh serta berbagai kebijakannya sebagai ratu Mesir wangsa Ptolemaios yang membuat Cleopatra tidak hanya dikenal dengan paras dan tubuh paling indah. Cleopatra VII Tea Filopatora nama lengkapnya juga seorang diplomat, laksamana, administrator, poliglot, dan pujangga ilmu pengobatan.

Kecantikan Cleopatra dengan berbagai sisi gelap sejarahnya merupakan keindahan besar di dunia kuno dan menjadi ikon di masa kini. Kecantikannya, seperti yang dituliskan banyak penulis, sama sekali tak tertandingi, atau seperti untuk menyerang orang-orang yang melihatnya. 

Cleopatra pun ditulis sebagai “suhu” dalam bidang asmara. Ia sangat menggairahkan dan sangat pandai mengkondisikan suasana romantik-erotik. Tak heran, bila Markus Antonius, utusan pemerintah Romawi tergila-gila dengan Cleopatra. Cleopatra pernah dijuluki oleh salah seorang sejarawan Yunani sebagai “Meriochane” – kira-kira artinya “perempuan yang sanggup menelan 10.000 laki-laki."

2. Nefertiti (1370 SM-1330 SM )


Ratu Nefertiti adalah ratu yang paling cantik dari Mesir. Arti dari namanya adalah “kecantikan telah datang”. Menurut rumor abad ke-14 SM hal tersebut memang benar sesuai dengan namanya. keturunan Nefertiti ini tidak dikenal dunia. Ada ketidakpastian tentang kapan tanggal pernikahan Neferiti dan juga ketika ia menjadi istri kerajaan besar raja Mesir.

 Dia adalah salah satu ratu yang paling dikenal bersama dengan Cleopatra. Dalam dunia modern, dia terkenal sebagai ikon global kecantikan feminin dan kekuasaan di dunia. 


Sama seperti Cleopatra, Nefertiti juga tidak hanya dianugerahi kecantikan jasmaniah saja. Tapi kepintaran, keberanian dan kekuasaannya di Mesir Kuno telah membuatnya disandingkan dengan nama Tuhan orang Mesir kuno yaitu Aten.

3. Phryne ( Abad ke-4 sebelum masehi )



Perempuan dengan kecantikan menyihir lainnya di zaman kuno yang tak lapuk oleh waktu adalah Phryne. Berbeda dengan Cleopatra dan Nefertiti yang memiliki darah bangsawan, Phryne adalah hetaira terkenal (pelacur) dari Yunani kuno.

Mnesarete adalah nama aslinya. Karena ia memiliki kulit kekuningan. lahir sebagai putri Epikles di Thespiai, Boiotia, namun hidup di Athena, sekitar tahun 371 SM. Kecantikan Phryne sempat disandingkan dengan Aphrodite Anadyomene. Sosoknya diabadikan dalam berbagai patung dan lukisan. 

Phryne berkat kecantikannya yang luar biasa, merupakan model paling terkenal di zamannya. Para pelukis dan pematung terkenal kerap memakainya untuk menciptakan karya indah tentang sebuah kecantikan. 

4. Guinevere ( Lahir c.AD 490 )


Guinevere adalah seorang ratu yang mulia dan cantik yang merupakan istri dari Raja Arthur, penguasa legendaris Inggris. Guinevere adalah putri Raja Leodegrance. Dalam Historia Regum Britanniae dia digambarkan sebagai salah satu kecantikan terbesar dari Inggris. Kecantikannya menyebabkan kesulitan dan hidupnya mengalami hal yang  tragis. Kisah cinta Ratu Guinevere dengan kepala ksatria suaminya Sir Lancelot dianggap sebagai busur cerita yang paling menonjol dari roman abad pertengahan. Tapi, dia tidak diragukan lagi salah satu wanita yang paling diinginkan sejarah yang pernah dikenal. 

Menurut Raja Arthur, dia adalah yang paling cantik yang pernah dilihat oleh-nya. Walau ada juga yang menyatakan, Guinevere mungkin sebuah fiksi Arthur dan tidak ada bukti yang tepat bahwa dia itu nyata.

5. Samyukta 


Samyukta adalah putri cantik dari Jaichand, Raja Kannauj dan kemudian menjadi istri dari Prithviraj Chauhan, Rajput Raja klan Chauhan. Dia adalah salah satu wanita India yang paling cantik dalam sejarah kuno. Samyukta, adalah seorang gadis keras kepala yang dikenal karena kecantikannya yang mengagumkan. Kisah asmara Samyukta dan Prithviraj Chauhan adalah salah satu yang paling indah dalam sejarah India. Sebuah film yang terinspirasi dari kisah cinta Samyukta dan Prithviraj juga telah dibuat dengan nama “Rani Samyukta (1962)”.

 

Pewarta : Dede Nana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top