Pemkab Blitar Gelar Diklat PIM IV, Bupati: Kerja ASN Harus Lebih Produktif

Pembukaan Diklat PIM IV di LEC Garum.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Pembukaan Diklat PIM IV di LEC Garum.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

BLITARTIMES – Pemkab Blitar melalui Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) bekerja sama dengan BPSDM Provinsi Jawa Timur melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XXIII 2019.

Diklat kepemimpinan ini dilaksanakan selama 98 hari kerja mulai 18 Juni hingga 11 Oktober 2019 dengan diikuti 40 peserta. Acara secara langsung dibuka oleh Asissten Bidang Administrasi Umum Setda Pemkab Blitar Drs Mahadin di Gedung Local  Education Center (LEC),  Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Selasa (18/62019).

Dalam laporannya, Kepala BKPSDM Pemkab Blitar Mashudi menyampaikan, Diklat Kepemimpinan Tingkat IV bertujuan membentuk sosok pemimpin birokrasi yang memiliki kemampuan tinggi dalam menjabarkan visi dan misi instansi kedalam program instansi sekaligus memimpin pelaksanaanya.

“Tujuan  Diklatpim IV adalah membentuk kompetensi kepemimpinan operasional para pejabat struktural eselon IV yang akan berperan aktif dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing,” ungkap Mashudi.

Mashudi menambahkan, meski digelar selama tiga bulan, pihaknya memastikan diklat ini tidak menganggu kerja-kerja para ASN di instansinya masing-masing. Selain on class, materi diklat juga dilaksanakan secara off class. Diharapkan peserta diklat ini akan mampu bekerja dinamis mengikuti perkembangan jaman.

“Jadi, meskipun lama, tidak mengganggu tugas-tugas kantor. Off class atau diluar kelas artinya mereka akan mengikuti diklat di instansinya masing-masing,” paparnya.

Dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Setda Pemkab Blitar Mahadin, Bupati Blitar Rijanto mengatakan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV ini dilaksanakan sebagai bagian perbaikan kinerja penyelenggaraan pemerintahan. Harapannya dengan SDM ASN yang mumpuni di ranah kepemimpinan akan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Kualitas pelayanan perlu perubahan dan perbaikan tata kelola di semua aspek penyelenggaraan pemerintahan. Sehingga kita dapat mewujudkan Kabupaten Blitar ke depan lebih baik,” ungkap bupati dalam sambutan yang dibacakan Mahadin.

Bupati juga menegaskan, perubahan dan perbaikan tersebut meliputi disiplin, etos kerja dan kompetensi pegawai yang diiringi komitmen dan semangat kerja keras sehingga dapat bekerja bekerja secara lebih produktif.

“Oleh karena itu, pengembangan sumber daya manusia perlu dilaksanakan secara kontinyu dan berkesinambungan. Salah satu pengembangan itu dengan pendidikan dan pelatihan, yang dapat dijadikan sebagai instrumen penting dalam pengembangan wawasan, pengetahuan dan peningkatan kompetensi aparatur sipil negara,” tandasnya.

Lebih dalam dalam sambutannya, bupati menandaskan, Diklat Kepemimpinan Tingkat IV yang digelar ini merupakan salah satu tahapan pengembangan kualitas SDM  ASN di lingkup Pemkab Blitar. Sehingga, tegas bupati, diklat ini bukan hanya sekadar untuk memenuhi persyaratan administratif atau formalitas belaka.

“Untuk itu, saya berharap implikasi dari diklat ini akan dapat membawa efek sinergi yang lebih riil bagi peningkatan kinerja para pejabat pemerintah eselon IV,” harapnya.

Sementara itu Kabid Kompetensi Dasar BPSDM Provinsi Jawa Timur Muhammad Suluh mengatakan, Diklatpim IV ini penting dalam rangka meningkatkan kinerja pemerintahan agar efisien dan efektivi.

"Di diklat ini ASN dididik agar menjadi pemimpin yang visioner. Dengan diklat ini diharapkan para pejabat semakin mampu melaksanakan tugas umum pemerintahan, pembangunan untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik atau good governance dan menghasilkan pejabat struktural yang inovatif dan profesional," tandasnya.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top