Buka TMMD di Desa Karangbendo, Bupati Blitar: TMMD Bantu Tingkatkan Akselerasi Pembangunan

Bupati Blitar membuka program TMMD ke 105 di Desa Karangbendo (Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Bupati Blitar membuka program TMMD ke 105 di Desa Karangbendo (Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

BLITARTIMES – Kodim 0808/Blitar menggelar upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 tahun 2019 di lapangan Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Kamis (11/7/2019). 

Pada upacara ini, Bupati Blitar Rijanto menjadi pembina upacara. Peserta upacara para TNI, Polri, Satpol PP dan Pramuka di Kabupaten Blitar. 

Hadir pada acara tersebut pejabat utama Korem 081/DSJ Madiun, jajaran perwira dan Danramil Kodim 0808/Blitar, Forkopimda Blitar, Kepala OPD jajaran Pemkab Blitar, camat se Kabupaten Blitar, Muspika Kecamatan Ponggok dan para undangan lainnya.

Bupati Blitar Rijanto menegaskan Pemkab Blitar mendukung penuh program TMMD ke 105 di  Desa Karangbendo. Menurutnya TMMD merupakan suatu kegiatan positif untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat.

Ditegaskan bupati, TMMD selama ini telah banyak membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan. Dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Dengan adanya TMMD ini desa dalam melaksanakan pembangunan akan semakin cepat. Semoga dengan sentuhan program TMMD ini Desa Karangbendo akan semakin maju,” ungkap Rijanto.

Lanjut bupati menjelaskan, Desa Karangbendo relative jauh tertinggal dibanding desa-desa lain di Kabupaten Blitar. Padahal secara teritorial Desa Karangbendo berada di lokasi yang sangat strategis. Desa ini berbatasan langsung dengan hutan milik Perhutani. Dan di sisi utara dengan Kali Lahar Gunung Kelud. Sementara di sisi timur berbatasan langsung dengan Desa Dayu Kecamatan Nglegok.

“Melalui kegiatan TMMD ke 105 tahun 2019 ini, akan banyak dilaksanakan berbagai kegiatan baik pada sasaran fisik maupun sasaran non fisik dengan harapan kegiatan TMMD bisa berjalan dengan baik dengan dukungan seluruh lapisan masyarakat untuk menuju Desa Karangbendo yang lebih maju,” sambungnya.

Sementara itu Dandim 0808/Blitar, Letkol Inf Kris Bianto selaku Dansatgas TMMD menjelaskan TMMD ke 105 di Desa Karangbendo akan dilaksanakan selama 30 hari sejak 11 Juli sampai 8 Agustus 2019 mendatang. Di kegiatan ini dikerahkan Satgas TMMD mengerahkan 150 personel yang terdiri dari TNI, Polri dan instansi terkait.

Adapun sasaran fisik, sasaran pokok meliputi jalan makadam 7 ruas, renovasi 1 masjid, renovasi 1 mushola, pembangunan 2 pos kamling, pembangunan 1 jembatan, jambanisasi bagi 20 warga miskin dan renovasi rumah tidak layak huni bagi 15 kepala keluarga.

“Jalan makadam ini program prioritas Satgas TMMD. Kalau kita lihat di lapangan kondisinya masih berupa jalan tanah, kalau hujan dipastikan akan becek dan berlumpur. Jalan ini sangat strategis karena penghubung antar desa dan antar dusun,” jelasnya.

Untuk sasaran non fisik di bidang kesehatan masyarakat yakni penyuluhan tentang kesehatan dan pengobatan massal, penyuluhan tentang KB, perencanaan perkawinan dan menghindari perkawinan usia dini, pengobatan massal.

Pada bidang pertanian dan perkebunan yakni penyuluhan tentang pertanian dan perkebunan.

Untuk bidang hukum, bela negara dan kamtibmas, bahaya narkoba dan penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan.

“Sasaran non fisik ini untuk meningkatkan SDM masyarakat. Untuk pendidikan karakter masyarakat juga akan diberi wejangan soal bela negara dari TNI, hal ini dilakukan untuk menciptakan keamanan wilayah yang kondusif,” pungkasnya.(kmf)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top