Resepsi HUT Bhayangkara ke-73, Bupati Blitar: Kinerja Polres Blitar Kota Semakin Baik dan Profesional

Bupati Blitar Rijanto saat menyampaikan sambutan di resepsi HUT Bhayangkara yang digelar Polres Blitar Kota (Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Bupati Blitar Rijanto saat menyampaikan sambutan di resepsi HUT Bhayangkara yang digelar Polres Blitar Kota (Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

BLITARTIMES – Kepolisian Resort Blitar Kota menggelar resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-73 di Pendopo Agung Ronggo Hadi Negoro, Sabtu (13/7/2019). HUT Bhayangkara tahun ini mengusung tema ‘Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara’.

Hadir dalam acara ini Bupati Blitar Rijanto, Plt Wali Kota Blitar Santoso, Kepala BNN Kabupaten Blitar AKBP Agustianto, Forkopimda Blitar Raya, tokoh agama dan tokoh masyarakat Blitar Raya, Perwira dan anggota Polres Blitar Kota, unsur TNI dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Blitar Rijanto mengapresiasi kinerja Kepolisian Republik Indonesia dan dinilai semakin modern. Di usianya yang ke- 73, menurut bupati, kinerja Polri khususnya Polres Blitar Kota terbukti semakin baik, profesional serta memahami keinginan masyarakat.

“Atas nama masyarakat kami dan Pemkab Blitar kami ucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke-73. Tema Hari Bhayangkara tahun ini sangat luar biasa yakni ‘Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara’. Dan kita semua sepakat, keamanan dan ketertiban sudah kita rasakan di wilayah Blitar Raya,” ungkap Bupati.

Bupati menambahkan, keamanan dan ketertiban di wilayah Blitar Raya tercipta berkat optimalnya kinerja kepolisian yang terus sinergi dengan Forkopimda dan masyarakat. Kuatnya jalinan sinergitas dibuktikan pada gelaran Pemilu serentak 2019 lalu.

“Kinerja baik dibuktikan pada gelaran Pilpres dan Pileg serentak kemarin hak pilih di Kota Blitar mencapai 77%, melampaui target dimana ditargetkan 70%. Lalu untuk di Kabupaten Blitar hak pilih mencapai 82%, target awalnya 80%. Capaian ini berkat kuatnya sinergitas Forkopimda. Sinergi ini harus ditingkatkan karena kebersamaan ini telah melahirkan hasil yang luar biasa,” tandas bupati yang dikenal peduli dan dekat dengan rakyat.

Sementara itu dalam sambutannya Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar, mengucap syukur pada usia ke-73 ini Polres Blitar Kota bersama-sama dengan Kodim 0808/Blitar, Yonif 511/D,  Pemerintah Kota Blitar dan Pemerintah Kabupaten Blitar serta berbagai organisasi masyarakat yang lain, dapat mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif.

Kapolres juga menyampaikan, seiring dengan itu dari tahun ke tahun kepercayaan publik terhadap polri semakin meningkat. Berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga survei yang kredibel pada tahun 2016 Polri termasuk dalam 3 institusi dengan kepercayaan publik terendah. 

Namun saat ini polri telah berhasil mereformasi diri yang akhirnya polri berada pada 3 besar lembaga pemerintah yang dipercaya oleh publik.

“Hal ini tidak lepas atas dukungan dari semua pihak baik TNI, pemerintah daerah maupun elemen masyarakat yang lain,” tegasnya. 

Lebih dalam kapolres menyampaikan, pada satu tahun terakhir ini telah banyak prestasi yang diraih oleh Polres Blitar Kota diantaranya berhasil melakukan ungkap kasus pembunuhan disertai mutilasi yang terjadi di wilayah Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar.

Berhasil melakukan ungkap kasus curat, curas dan curanmor sebanyak 18 kasus, berhasil ungkap kasus perjudian sebanyak 13 kasus dan yang terbaru telah berhasil melakukan ungkap kasus penghinaan lambang negara melalui media sosial.

Sementara di dalam kejahatan bidang narkoba Polres Blitar Kota telah berhasil ungkap 48 kasus penyalahgunaan narkoba dengan 58 tersangka dan barang bukti berupa 16,6 gram sabu-sabu, 10,85 gram daun ganja kering dan 1 batang pohon ganja, 117 butir alprazolam (psikotropika golongan 4) 37.824 butir pil double l.

Di bidang lalu lintas telah meraih juara di tingkat Jawa Timur, yaitu juara 1 performen polres tipe c, juara 2 kreativitas polres C, juara 2 pos pelayanan dalam rangka Operasi Ketupat Semeru 2019.

Selain itu Polres Blitar Kota bersama 16 polres di Polda Jatim terpilih sebagai polres yang mengikuti pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bebas melayani.

“Oleh karena itu pada momentum Hari Bhayangkara ini kami menghaturkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Blitar, Pemerintah Kota Blitar, Kodim 0808/Blitar, Batalyon 511/DY serta seluruh elemen masyarakat di wilayah kota dan kabupaten Blitar atas dukungan dan kerjasamanya kepada Polres Blitar Kota, sehingga dapat mencapai berbagai prestasi,” katanya.

Ditegaskan kapolres, capaian yang diperoleh hingga saat ini tidak akan membuat Polres Blitar Kota berpuas diri. Justru capaian ini akan dijadikan sebagai motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja di masa yang akan datang.

Karena tantangan yang dihadapi polri memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat akan semakin kompleks.

“Karena, selain kejahatan konvensional yang masih terjadi, ancaman terorisme dan radikalisme masih terus mengintai. Selain itu pesatnya perkembangan teknologi informasi juga mendorong semakin besar dan beragamnya potensi kejahatan di dunia maya, seperti penyebaran berita bohong atau hoax dan ujaran kebencian menjadi ancaman utama bagi kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa ini,” tandas nya.

Adewira juga menyebut tantangan tugas yang segera dihadapi adalah suksesnya pengamanan pesta demokrasi pemilihan kepala desa secara serentak di wilayah Kabupaten Blitar pada bulan Oktober 2019 nanti, selain itu di akhir tahun nanti polri akan menyelenggarakan pengamanan hari raya Natal dan Tahun Baru.

“Kami menyadari sepenuhnya bahwa dengan banyaknya tantangan yang dihadapi, kami tidak akan mampu bekerja dengan baik tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak. oleh karena itu dalam kesempatan ini kami mengharap dukungan dan kerjasama yang baik dari tni, pemerintah daerah baik kota maupun Kabupaten Blitar serta elemen masyarakat yang lain untuk terus dapat bersama dengan kami dalam mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Blitar Kota yang kita cintai ini,” pungkas nya.

Di akhir acara Polres Blitar Kota menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba-lomba memeriahkan HUT Bhayangkara ke-73. Di kesempatan ini Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar juga memberikan penghargaan kepada anggota berprestasi serta masyarakat yang membantu tugas Polri dalam mewujudkan kamtibmas.(kmf)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top