Atlet Kabupaten Blitar Raih Prestasi Membanggakan di Porprov Jatim 2019

Tim Sepak Takraw, salah satu penyumbang emas bagi Kabupaten Blitar
Tim Sepak Takraw, salah satu penyumbang emas bagi Kabupaten Blitar

BLITARTIMES – Atlet Kabupaten Blitar meraih prestasi membanggakan dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke 6 yang berlangsung 6 hingga 13 Juli 2019 di empat kabupaten, yaitu Kabupaten Lamongan, Gresik, Bojonegoro dan Tuban.

Walau hanya menduduki peringkat 13, namun raihan medali tahun ini meningkat jika dibandingkan tahun 2015 lalu dimana Kabupaten Blitar menempati peringkat 22. 
Dalam ajang Porprov 2019, atlet-atlet Kabupaten Blitar mengikuti 27 cabang olahraga yakni Mua Thay, senam, pencak silat, wushu, aeromodeling, panahan, paralayang, karate, sepak takraw, atletik, balap sepeda, tinju, binaraga, bridge, biliard, drumband dan tenis meja.

Dari 27 cabang tersebut Tim Kabupaten Blitar sukses meraih 9 medali emas, 9 perak dan 25 perunggu. Emas terbanyak disumbang cabor aeromodeling dengan raihan 2 medali.

“Hasil ini cukup menggembirakan. Dalam Porprov ke 6 tahun ini medali paling banyak disumbang dari olahraga pertarungan yang digemari warga Blitar seperti tinju, silat, yang baru ada Muang Thai, wushu dan tinju,” ungkap Sekretaris KONI Kabupaten  Blitar, Purwanto, Senin (15/7/2019).

Panca Trianggono, atlit Binaraga peraih medali emas

Dikatakannya, atlet-atlet Kabupaten Blitar unggul di olahraga pertarungan karena ditopang budaya di Kabupaten Blitar seperti pencak dor sudah mentradisi. Tradisi ini berimbas pada melimpahnya stok atlet petarung di Kabupaten Blitar.

“Untuk atlet petarung Kabupaten Blitar tidak pernah kekurangan stok. Stok atlet petarung sangat melimpah,” tegasnya.

Selain olahraga pertarungan, raihan medali juga banyak diraih dari cabang olahraga aeromodeling dan paralayang. Menurut Purwanto, prestasi ini tak lepas dari keberadaan Gunung Pegat di Kecamatan Srengat yang kini menjadi pusatnya dua cabang olahraga ini.

“Fasilitas olahraga di Gunung Pegat sangat menunjang sekali dan saat ini kita punya banyak atlet-atlet paralayang dan aeromodeling yang sukses mempersembahkan medali bagi Kabupaten Blitar,” paparnya.

Tim paralayang sumbang medali emas bagi Kab Blitar

Terdongkraknya prestasi olahraga Kabupaten Blitar tak lepas dari suksesnya program pembinaan yang dilakukan KONI. Menurut Purwanto, KONI Kabupaten Blitar periode ini berisikan orang-orang baru yang merupakan praktisi dan pegiat-pegiat olahraga.

“Kunci keberhasilan ini kami dari pengurus memprioritaskan cabang-cabang unggulan mendapat perhatian. Kami banyak mengunjungi mereka dalam berlatih. Kemudian memantau atlet-atletnya dan lebih dekat dengan teman pelatih dan ketua cabornya. Kami terus dorong mereka sehingga mereka bisa memilih atlet-atletnya yang layak dipertarungkan dalam Porprov ke 6 tahun ini,” tandasnya.

Sementara itu Ketua KONI Kabupaten Blitar, Toni Andreas optimis dengan pembinaan secara terencana dan terstruktur, dalam Porprov edisi berikutnya prestasi atlet Kabupaten Blitar akan lebih baik lagi.

“Kami targetkan di Porprov tahun edisi berikutnya Kabupaten Blitar masuk 10 besar. Kita punya waktu persiapan 2 tahun untuk menggodok atlet-atlet potensial. Kita persiapan mulai dari sistem latihannya, sistem pembinaanya. Sambil kita cari pengganti atlet yang sudah berumur karena Porprov ini dikhususkan untuk atlet U21,” tegasnya.

Prestasi para atlet yang bertanding pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke 6 mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Blitar. Bupati Blitar Rijanto secara tegas mengatakan prestasi yang diraih ini dicapai melalui kerja keras. 

“Catatan prestasi ini sekaligus menjelaskan bahwa hasil tidak pernah mengkhianati proses,” tandas Bupati Rijanto. 

Bupati juga mengaku bangga dengan atlet dari cabang olah raga aeromodeling dan beberapa canbang lain seperti panahan, paralayang, sepak takraw, atletik dan binaraga yang sukses menyumbangkan medali emas. Selaku kepala daerah bupati berjanji kedepan akan terus mendorong kemajuan dunia olahraga di Kabupaten Blitar.

“Walaupun prestasi pada Porprov ke 6 meningkat seluruh atlet berbagai cabang olahraga tidak terlena dengan capaian yang diraih saat ini. Atlet harus tetap giat berlatih dan selalu tegar menerima hasil dari semua perjuangan,” pungkasnya.(kmf)

 

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top