Wujudkan Desa Sehat, Satgas TMMD Kodim 0808/Blitar Bangun Jamban Bagi Warga Miskin

Satgas TMMD Kodim 0808/Blitar di Desa Karangbendo membangun jamban bagi warga kurang mampu
Satgas TMMD Kodim 0808/Blitar di Desa Karangbendo membangun jamban bagi warga kurang mampu

BLITARTIMES – Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 105 Tahun 2019 kodim 0808/Blitar mencanangkan program fisik untuk memajukan desa. Salah satunya melaksanakan pembangunan Jambanisasi untuk warga kurang mampu di Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

Sebagaimana diketahui jamban sangat penting untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Dengan jamban, warga BAB tidak di sembarangan tempat dan lingkungan pun menjadi bersih dan sehat. Ditinjau dari aspek kesehatan lingkungan fungsi jamban antara lain dapat mencegah berkembangnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh kotoran manusia.

Sementara dampak serius membuang kotoran di sembarang tempat menyebabkan pencemaran tanah, air dan udara karena menimbulkan bau. Pembuangan tinja yang tidak dikelola dengan baik berdampak mengkhawatirkan terutama pada kesehatan dan kualitas air untuk rumah tangga maupun keperluan komersial.

Salah satu penerima program jambanisasi TMMD di Desa Karangbendo adalah Rudianto. Diketahui selama ini Rudianto tidak mempunyai jamban sehingga untuk BAB dia dan keluarga harus ke sungai.

"Terima kasih kepada Pak TNI, dengan adanya program TMMD Kodim 0808/Blitar saya mendapat bantuan pembangunan jamban. Sehingga saya mempunyai jamban sendiri dan kedepannya tidak susah saat BAB," ucap Rudianto saat ditemui di rumahnya, Rabu (17/7/2019).

Sementara itu Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto, menegaskan pembangunan jamban dalam program TMMD merupakan salah satu upaya TNI dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Dalam TMMD ini, pembangunan jambanisasi dilaksanakan Satgas TMMD dan masyarakat secara gotong royong.

“Dengan adanya gotong royong pekerjaan jadi cepat selesai. Sekaligus mempererat dan memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” pungkas Dandim.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top