Komunitas Young Paranormal Activity dalam sebuah ekspedisi explore alam gaib.
Komunitas Young Paranormal Activity dalam sebuah ekspedisi explore alam gaib.

Seorang indigo biasanya memiliki kemampuan khusus dapat melihat makhluk tak kasat mata. Bahkan ada yang bisa melihat masa depan maupun masa lampau melalui bantuan makhluk gaib.

Namun di balik kelebihan tersebut, seorang indigo biasanya juga memiliki kelemahan dari sisi psikisnya. Indigo sendiri biasanya merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang sejak lahir dan ada juga yang memiliki kelebihan indigo secara tidak sengaja.

Dari dua kategori indigo tersebut tentu, gangguan psikis dari hal gaib apa saja yang bisa mereka lihat dan rasakan tentu akan berbeda-beda pula.

Berawal dari kemampuan yang sama, yaitu bisa merasakan dan melihat makhluk tak kasat mata serta benda-benda astral, sekumpulan pemuda indigo di Blitar mendirikan sebuah Komunitas yang bernama Young Paranormal Activity (YPA).

“Young Paranormal Activity sendiri awalnya dibentuk oleh sekumpulan anak-anak indigo yang dulunya bersekolah di SMAN 3 Blitar. Dulu awalnya namanya masih Pansaga atau Paranormal SMAN Tiga. Namun karena sudah lulus dan anggotanya bertambah banyak, kita ubah menjadi YPA itu,” ungkap Haikal (21), salah satu anggota praktisi paranormal YPA, kepada BLITARTIMES, Kamis (18/7/2019).

Dari kesamaan indigo yang dimiliki tersebut, YPA ingin merangkul para indigo yang ada di Blitar dan sekitarnya untuk menggunakan kelebihan yang dimilikinya untuk hal-hal positif. Salah satunya, dengan eksplorasi sejarah melalui penerawangan alam gaib dan mediasi makhluk-mahkluk astral.

“Jadi, kami tiap minggu sekali mendatangi situs-situs sejarah seperti danyangan, pepunden, makam-makam keramat, candi-candi maupun bangunan berhantu. Di situ kami eksplor dan kami bedah sejarah yang ada di situ melalui mediasi makhluk-makhluk astral untuk mencari informasi seperti apa sejarah tempat-tempat tersebut. Intinya kami mengajak anak-anak indigo untuk menggunakan kelebihannya tersebut untuk hal yang positif,” papar Haikal.

Sejak berdiri pada  2015 yang lalu, anggota YPA sendiri sudah mencapai sekitar 65 orang dan terus bertambah dari kalangan di luar indigo yang merasa penasaran dan ingin merasakan pengalaman-pengalaman gaib yang belum pernah mereka rasakan.

Bahkan tak jarang ketika melakukan ekspedisi alam dan melakukan mediasi di suatu tempat bersejarah, para paranormal muda ini menemukan pengalaman dan hal baru.

“Selain kami eksplor sejarah kami juga sering diminta untuk berinteraksi dengan penunggu-penunggu gaib di tempat-tempat yang terkenal wingit dan angker untuk tidak mengganggu warga di sekitarnya. Bahkan kami juga sering diminta untuk menyembuhkan orang yang kesurupan ataupun yang diikuti makhluk-makhluk gaib agar tidak mengganggu,” pungkas Haikal.