Seru, River Tubing di Lekso Adventure.(Foto : Malik  Naharul/BlitarTIMES)
Seru, River Tubing di Lekso Adventure.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)

River tubing menjadi salah satu alternatif wisata yang seru dan mendebarkan untuk memacu adrenalin anda. Berbeda dengan rafting yang menggunakan perahu, tubing menggunakan ban dalam truk untuk menyusuri sebuah sungai.

Bagi para traveler, utamanya di Blitar dan sekitarnya, sensasi river tubing bisa dilakukan tanpa harus jauh-jauh pergi ke daerah lain. Sekarang ada Lekso Adventure di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Tempatnya tidak begitu jauh dari telaga Rambut Monte, Lekso Tubing Adventure menawarkan sensasi menegangkan menyusuri derasnya Kali Lekso namun tetap dibawah standard keamanan.

Paket wisata River Tubing (Arung Jeram) di Lekso Adventure ada 2 jenis, yaitu paket River Tubing Fun Trip dan paket River Tubing Adventure Trip.

Paket River Tubing Fun Trip (Monte Trip) merupakan trip pendek dalam paket River Tubing dan pengarungan dimulai langsung dari sumber yang jernih yaitu Sumberdandang. Nikmati kesegaran Sumberdandang dan ke-alami-an Telaga Rambut Monte dalam paket ini.

Sedangkan Paket River Tubing Adventure Trip akan menyajikan sensasi menikmati jeram yang bernuansa petualangan namun tetap aman dan nyaman. Selain sensasi jeram, anda akan menikmati panorama khas pedesaan yang asri dan menarik. Untuk Paket River Tubing Adventure Trip ada 2 pilihan, yaitu Paket Lekso Short Trip dan Paket Lekso Long Trip.

Kalian hanya perlu mendaftar paket tubing tersebut untuk berapa orang, lalu pengelola segera menyiapkan segala perlengkapan, mulai dari ban, pelampung, pelindung lutut dan siku, sepatu, serta helm. Setelah semua peserta mengenakan perlengkapan itu, river tubing pun segera dimulai.

"Di sini kami punya beberapa paket untuk memuaskan sensasi tubing para wisatawan. Kita ada Monte Trip dengan jarak 500 M durasi sekitar 30-45 Menit | Rp 35.000/pax. Lalu ada Lekso Short Trip dengan jarak 2 KM durasi sekitar 1-1,5  Jam  | Rp 60.000 /pax dan juga Lekso Long Trip dengan jarak 4 KM durasi sekitar 2-2,5  jam| Rp 90.000/pax itu sampek daerah bantaran finishnya," ungkap Wisnu, pengelola Lekso Adventure.

Sebelum masuk ke sungai, pemandu tubing akan terlebih dahulu briefing peserta dan mengecek semua pengaman termasuk helm, pelampung dan sepatu semua telah aman. Ia akan menjelaskan karakteristik sungai dan teknik khusus seperti cara duduk dan berpegangan ketika tubing dimulai nanti.

Setelah briefing selesai, peserta segera masuk ke sungai. Di sana ban karet yang diikat satu sama lain sudah menunggu. Di Lekso Adventure kita bisa memilih beberapa paket tubing yang kita inginkan mulai dari short trip ataupun long trip.

Khusus untuk weekday atau bukan hari libur Lekso Adventure akan memberikan diskon 10% untuk semua paket River Tubing. Dan semua tetap di bawah standart keamanan pemandu dan instruktur river tubing.

"Standart keamanan wisatawan sangat kami utamakan, jadi setiap 200 meter susur sungai dengan river tubing kita berhenti untuk memeriksa keselamatan dan kelengkapan peserta, jika ada yang sakit langsung kami beri pertolongan. Untuk jalur kita selalu kita bersihkan agar tetap bersih dan ranting-ranting tidak menggangu aktivitas river tubing," tegas Wisnu.(*)