RTH Kanigoro Tahun ini Batal Dibangun, Berikut Pemicunya

Pasar Kanigoro lama yang belum digusur
Pasar Kanigoro lama yang belum digusur

BLITARTIMES – Pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) simpang empat Kanigoro atau Pasar Kanigoro gagal dilaksanakan tahun ini. Hal ini dipicu oleh lamanya proses pembangunan Pasar Kanigoro yang baru. Jadi, pedagang belum bisa dipindahkan dan hingga kini masih menempati pasar yang lama.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Krisna Triatmanto mengatakan, perencanaan pembangunan RTH sudah disusun. Bahkan, telah disediakan anggaran tak kurang dari Rp 10 miliar untuk sarana mempercantik kota tersebut dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2019. 

Sayangnya, hal tersebut tidak mungkin direalisasikan lantaran area yang hendak dimanfaatkan ini masih digunakan pedagang Pasar Kanigoro. “Apa boleh buat,waktunya tidak memungkinkan, Pasar Kanigoro belum selesai,” katanya.

Sepengetahuan dia, ada beberapa kendala teknis yang memicu gagalnya pembangunan RTH tahun ini. Misalnya, lelang untuk pembangunan Pasar Kanigoro tahap II yang tidak lancar. Sehingga terpaksa harus dilelang ulang. Akibatnya, waktu penyelesaian gedung tersebut molor. Hal ini secara otomatis berpengaruh terhadap pembangunan RTH. Sebab, lokasi yang hendak dibangun fasilitas umum tersebut adalah Pasar Kanigoro yang lama.

Lebih lanjut, untuk merealisasikan anggaran Rp 10 miliar menjadi RTH membutuhkan waktu yang tidak sebentar. “Itu nanti dibuat taman kota, ada air mancur, kurang lebih seperti di taman pecut yang berada di Kota Blitar,” sambungnya.

Kendati APBD 2020 masih dalam proses, pihaknya meyakini RTH ini bakal dilaksanakan 2020 nanti. Itu karena perencanaan pembangunan sudah selesai. Dan akhir tahun ini pedagang Pasar Kanigoro sudah menempati pasar yang baru. Untuk diketahui, pembangunan Pasar Kanigoro tahap II sudah dimulai Senin (8/7/2019) lalu, tandatangan kontrak pelaksanaan pembangunan Pasar Kanigoro oleh pemenang lelang dengan pemerintah dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top