Pemkot Blitar Targetkan Relokasi SMPN 3 Dilaksanakan Awal 2020

Seketaris Disdik Kota Blitar, Dindin Alinurdin
Seketaris Disdik Kota Blitar, Dindin Alinurdin

BLITARTIMES – Dinas Pendidikan Kota Blitar menargetkan proses relokasi kegiatan belajar mengajar siswa SMPN 3 dari gedung lama ke gedung baru bisa dilaksanakan pada awal 2020.

Proses pembangunan tahap kedua gedung baru SMPN 3 di Kelurahan Tanggung, sudah dimulai awal Juli 2019 ini. Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar, Dindin Alinurdin mengatakan target pembangunan gedung baru SMPN 3 selesai pada pertengahan Desember 2019.Pembangunan semua ruang kelas dan ruang guru selesai di pembangunan tahap kedua ini. 

"Pembangunan tahap kedua ini hanya menyisakan lapangan basket. Untuk lapangan basket akan kami bangun di anggaran berikutnya," kata Dindin. 

Dikatakannya, untuk proses pemindahan kegiatan belajar mengajar dari gedung SMPN 3 lama ke gedung baru akan dilaksanakan awal 2020. Paling lambat, proses relokasi kegiatan belajar mengajar terlaksana pada akhir semester dua tahun ajaran 2019/2020. 

"Paling lambat di ujung semester dua tahun ajaran 2019/2020, proses relokasi kegiatan belajar mengajar sudah bisa terealisasi," ujarnya. 

Seperti diketahui, proses pembangunan gedung baru SMPN 3 di Kelurahan Tanggung, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar sempat molor. Pembangunan gedung baru SMPN 3 dimulai pada 2017 dan ditargetkan selesai pada 2018. Tetapi, proses pembangunan mandek karena ada kasus dugaan suap dalam pembangunan gedung baru SMPN yang melibatkan Wali Kota Blitar nonaktif Samanhudi Anwar.

Kasus dugaan suap itu ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Akhirnya, proses pembangunan baru bisa dilanjutkan pada 2019 ini. Alokasi anggaran untuk pembangunan tahap dua sekitar Rp 23 miliar.

Sedangkan pada pembangunan tahap pertama, Pemkot Blitar sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 11,5 miliar. Tujuan relokasi kegiatan belajar mengajar di SMPN 3 itu pemerataan fasilitas pendidikan di Kota Blitar. 

Selain itu, juga untuk memecah kemacetan saat jam pulang sekolah di kawasan SMPN 3 lama. Gedung SMPN 3 lama berada satu kompleks dengan SMPN 5 dan SMPN 6 di Jl Sudanco Supriyadi.

Anggota Komisi I DPRD Kota Blitar, Nuhan Eko Wahyudi mengatakan pembangunan gedung baru SMPN 3 harus tuntas tahun ini. Sebab, menurutnya, pembangunan gedung baru SMPN 3 sudah molor dari target yang ditentukan.

"Pembangunannya harus selesai tahun ini, khususnya ruang kelas dan guru. Tahun depan, kegiatan belajar mengajar siswa sudah bisa pindah di gedung baru," pungkasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top