Jokowi Kenang Sorban Hijau yang Dikalungkan Mbah Moen

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat dikalungkan sorban Kiai Maimun Zubair.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat dikalungkan sorban Kiai Maimun Zubair.

BLITARTIMES, BATU – Rasa kehilangan menyelimuti seluruh rakyat Indonesia atas wafatnya Kyai Maimun Zubair atau Mbah Moen di Makkah, Arab Saudi, Selasa (6/8/2019). Termasuk Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. 

Sorban berwarna hijau itu menjadi kenang-kenangan terakhir untuk Jokowi. 

Apalagi sorban itu langsung dikalungkan sendiri oleh kyai kharismatik tersebut.

“Saya masih menyimpan sorban hijau ini, sorban yang dikalungkan sendiri oleh Kyai Haji Maimun Zubair,” kata Jokowi dalam akun sosial medianya. 

Ia mengatakan sudah dua kali berkunjung ke kediaman Mbah Moen di Pondok Pesantren Al-Anwar di Sarang. Sudah dua kali juga ia diajak masuk ke kamarnya.

“Terakhir, kami salat Maghrib berjamaah di kamar itu. Beliau yang jadi imamnya,” kenangnya. 

“Dan hari ini, kita mendengar kabar duka, Mbah Moen berpulang ke hadirat Allah SWT di Makkah. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun,” tambah kakek dua cucu ini.

Menurutnya, kepergian Mbah Moen tidak saja sebuah kehilangan besar bagi Jokowi dan keluarga besar Pondok Pesantren Al Anwar Rembang, Jawa Tengah, namun juga umat Islam dan seluruh rakyat Indonesia.

“Semasa hidupnya yang panjang, Mbah Moen begitu karismatik, selalu jadi rujukan bagi umat Islam terutama dalam soal-soal fikih. Juga kegigihan almarhum dalam menyampaikan masalah "NKRI harga mati,” tulis Jokowi.

“Atas nama keluarga dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita yang mendalam. Semoga Allah SWT memberinya tempat yang lapang di sisiNya, dan segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya diberi kekuatan dan kesabaran. Amin Ya Rabbal Alamin,” tutupnya.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top