Bangun Sirkuit Green Park, Pemkot Blitar Alokasikan Rp 20 Miliar

Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto
Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto

BLITARTIMES – Pemkot Blitar akan melebarkan akses jalan menuju ke Sirkuit Green Park atau Sirkuit Sentul di Kelurahan Sananwetan, Kota Blitar. Pemkot Blitar menyiapkan anggaran sebesar Rp 20 miliar untuk pembebasan lahan di lokasi.

"Anggaran untuk pelebaran akses jalan ke sirkuit sudah disetujui di Perubahan APBD 2019. Alokasi anggarannya sekitar Rp 20 miliar," kata Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto.

Totok mengatakan, anggaran sebesar Rp 20 miliar itu untuk membebaskan 12 lahan milik warga di sekitar Sirkuit Sentul. Lahan yang dibebaskan rata-rata berupa sawah yang berada di kiri dan kanan jalan menuju ke Sirkuit Sentul.

"Selain untuk pembebasan lahan, anggaran juga untuk menambah beberapa fasilitas di Sirkuit Sentul," ujarnya.

Kondisi akses jalan menuju ke Sirkuit Sentul memang sempit. Lebar jalan menuju ke lokasi sekitar 3 meter. Pemkot Blitar akan melebarkan jalan menuju ke lokasi menjadi 6 meter.

Totok Sugiarto meminta Pemkot Blitar segera merealisasikan pembebasan lahan untuk pelebaran akses jalan menuju ke Sirkuit Sentul. Sebab, Pemkot Blitar hanya punya waktu sekitar tiga bulan untuk merealisasikan pelebaran jalan di lokasi.

"Proses pembebasan lahannya tinggal finishing, negosiasi dengan pemilik sudah selesai. Pemkot punya waktu efektif sekitar tiga bulan untuk proses pelebaran jalan di lokasi," katanya.

Plt Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan, pelebaran akses jalan menuju Sirkuit Sentul bagian pengembangan kawasan ekonomi dan wisata di bagian utara Kota Blitar. Di dekat sirkuit juga terdapat taman bermain Green Park.

Dikatakannya, sirkuit dan taman Green Park bisa menjadi wisata pendukung untuk wisata Makam Bung Karno. Lokasi sirkuit dan taman berada di sebelah utara wisata Makam Bung Karno.

"Kalau akses jalan menuju ke Sirkuit Sentul sudah lebar, pengunjung akan lebih nyaman. Event-event otomotif juga akan lebih sering diadakan di sana (sirkuit)," pungkasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top