Budayakan Kebersihan Lingkungan, Kelurahan Kanigoro Blitar Adakan Lomba Kelurahan Berseri

Tim penilai dari DLH Pemkab Blitar saat melakukan penilaian.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)
Tim penilai dari DLH Pemkab Blitar saat melakukan penilaian.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)

BLITARTIMES – Guna memotivasi warga  berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan, Kelurahan Kanigoro, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, menggelar lomba Kelurahan Berseri yang dimulai sejak akhir Juli lalu.

Lomba Kelurahan Berseri digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-74 RI dan untuk menyukseskan program Pemerintah Kabupaten Blitar dalam rangka pengembangan masyarakat wilayah perkotaan serta menggalakkan kebersihan lingkungan di Kelurahan Kanigoro.

"Kegiatan ini tentu juga untuk mendukung salah satu visi dan misi Bapak Bupati. Yaitu pengembangan wilayah kota di Kanigoro. Selain itu, dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga keindahan, kebersihan dan ketertiban masing-masing," ungkap Darmadi, camat Kanigoro, saat ditemui BLITARTIMES  (13/08/2019).

Menurut dia, lomba Kelurahan Berseri ini sejalan dengan konsep dan imbauan dari kecamatan. Yakni menciptakan lingkungan masyarakat yang nyaman, tenang tinggal dalam lingkungan perkotaan yang bersih dan rapi.

Darmadi menambahkan, lomba Desa Berseri tahun ini diikuti oleh 34 RT di seluruh Kelurahan Kanigoro dengan menggunakan dana swadaya dan juga kreativitas masing-masing.

"Lomba ini digelar antar-RT. Tetapi antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Mereka dengan swadaya dengan iuran masing-masing yang jumlahnya jika kami akumulasikan satu RT saja bisa mencapai 10 juta," terangnya.

Meskipun hanya tingkat RT, lomba Kelurahan Berseri ini mendapat respons sambutan baik dan antusiasme yang cukup baik dari warga. Hal ini terbukti dengan keikutsertaan setiap RT di Kelurahan Kanigoro tanpa terkecuali.

Penilaian dilaksanakan oleh tim panitia kelurahan yang dibantu dari DLH Kabupaten Blitar dan  Kecamatan Kanigoro. Kriteria penilaian Desa Berseri terfokus pada kategori bersih, sehat, asri dan lestari.

"Tentunya kami sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat yang luar biasa dan di luar prediksi. Tentunya ini juga menjadi awal yang sangat bagus untuk ke depannya Kelurahan Berseri ini bulan hanya karena lomba saja, tapi karena kebutuhan masyarakat untuk menciptakan lingkungan  bersih, sehat, asri dan lestari," pungkas Darmadi.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top