15 Ribu KPM BPNT di Blitar Belum Terima Pencairan Bantuan, Ini Penyebabnya

Ilustrasi
Ilustrasi

BLITARTIMES – Sebanyak 15 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Blitar belum terima pencairan dana bantuan karena sampai saat ini belum terima kartu ATM.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Romelan mengatakan kuota Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Blitar totalnya ada 77.165 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dari jumlah tersebut belum semua bisa menerima bantuan secara rutin dikarenakan berbagai alasan.

“Hingga kini sesuai dengan data yang ada, kurang lebih masih ada 15 ribu KPM yang belum menerima pencairan bantuan tersebut, ini dikarenakan masing masing KPM belum menerima kartu ATM dan buku rekening,” kata Romelan.

Lanjut dia, kenapa sampai saat ini belum bisa cair karena penyebab utamanya adalah yang bersangkutan dalam kondisi tidak berada di Kabupaten Blitar, kemudian yang bersangkutan sudah meninggal dunia, serta ada kesalahan data atau identitas yang bersangkutan.

“Sehingga perlu dilakukan perubahan data, dimana ini bisa dilakukan oleh petugas yang ada di masing-masing desa, sedangkan untuk penggantian penerima bantuan juga harus menunggu persetujuan dari Kementerian,” jelasnya.

Selain itu dikatakan Romelan, untuk pencairan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Blitar diakuinya belum bisa terealisasi 100 persen, karena selalu terjadi perubahan data yang berlarut-larut.

Anggota DPRD Kabupaten Blitar, Abdul Munib meminta Pemkab Blitar dalam hal ini Dinas Sosial Kabupaten Blitar untuk membantu semaksimal mungkin kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sama sekali belum menerima bantuan, dimana bantuan tersebut sangat berarti bagi keluarga penerima.

“Pemkab harus bisa memaksimalkan dalam membantu administrasi kepada Keluarga Penerima Manfaat bantuan tersebut, karena ini kendala utama yang dihadapi masyarakat karena memang tidak paham bahkan tidak mampu melengkapinya,” pungkasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]blitartimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]blitartimes.com | marketing[at]blitartimes.com
Top