Plt Wali Kota Blitar Santoso melantik 5 pejabat pimpinan tinggi pratama yang dimutasi.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Plt Wali Kota Blitar Santoso melantik 5 pejabat pimpinan tinggi pratama yang dimutasi.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)



Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melakukan mutasi kepada sejumlah pejabat tinggi di lingkungan Pemkot. Rolling jabatan tersebut dilakukan berdasarkan evaluasi penilaian dan kebutuhan. Namun demikian, pergeseran posisi tersebut merupakan hal biasa.

Adapun pejabat pimpinan tinggi pratama setingkat eselon II yang dimutasikan dilantik Plt Wali Kota Blitar Santoso di Balai Kusumawicitra, Jumat (27/9/2019), yakni Agus Salim menempati jabatan baru Staf Ahli Wali Kota Blitar Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Didik Hariadi Manipoli Adji menempati jabatan baru Staf Ahli WaliKota Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik.

Hermansyah Permadi menempati jabatan baru Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda, Djatmiko Budi Santosa menempati jabatan baru Asisten Administrasi Umum dan Pembangunan Setda dan Muhammad Sidik menempati jabatan baru Kepala Bappeda Kota Blitar.

Usai pengukuhan dan penandatanganan tersebut, Plt Wali Kota Blitar, Santoso menjelaskan bahwa mutasi atau pergeseran jabatan dalam pemerintahan merupakan hal lumrah. Dirinya pun memberikan pesan-pesan khusus kepada pejabat pimpinan tinggi pratama yang dimutasikan.

“Harapan saya kepada pejabat yang baru dimutasikan, hendaknya segera menyesuaikan dengan tempat kerja yang baru. Karena ini adalah akhir tribulan ketiga dan memasuki tribulan keempat. Ini adalah saat dimana mengejar target yang sudah ditetapkan sejak awal pembahasan anggaran. Jadi jangan sampai nanti tidak bisa segera menyesuaikan, karena berpotensi program-program yang ditetapkan tidak sesuai dengan harapan,” pesan Plt wali kota.

Santoso pun menegaskan mutasi ini prosesnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan sesuai dengan kebutuhan organisasi di jajaran Pemkot Blitar.

“Mutasi ini sangat perlu dilakukan, penataan harus kita lakukan karena memasuki masa pilkada atau selambat-lambatnya 6 bulan sebelum pilkada tidak boleh ada mutasi. Boleh mutasi lagi setelah pilkada,” ungkap Santoso kepada awak media.

Meski telah dilakukan mutasi saat ini beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Blitar masih mengalami kekosongan jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama atau kepala dinas. Diantaranya Dinas Pendidikan yang ditinggal M Sidik, Dinas PUPR yang ditinggal Hermansyah Permadi. Serta dua OPD yang dijabat pelaksana tugas harian masing-masing Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Satpol PP.

Terkait kondisi tersebut, Santoso memastikan OPD yang mengalami kekosongan jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama akan segera dilakukan penataan. Dirinya pun memastikan Senin pekan depan OPD yang mengalami kekosongan akan dipimpin sementara oleh pelaksana tugas harian (Plt).

“Untuk OPD yang baru ditinggal kepala dinas nya, yakni Dinas PU dan Dinas Pendidikan, segera kita isi dengan Plt. Karena pejabat eselon II itu prosesnya harus melalui seleksi, kita bentuk pansel, kemudian kita lakukan pengumuman siapa saja yang mau mendaftar, baru kita lakukan seleksi dan ketika terpilih kita usulkan kepada gubernur. Dari gubernur ke kemendagri dan begitu turun kita akan lakukan pelantikan,” paparnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar, Sunyoto, mengatakan pelantikan yang dilaksanakan hari ini sebenarnya satu rangkaian dengan pelantikan pejabat eselon III dan IV yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Senada dengan Plt wali kota, dirinya pun memastikan mutasi ini dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kebutuhan organisasi.

“Pertimbangan mutasi ini, sesuai dengan kompetensi dan juga kekosongan jabatan yang harus segera diisi,” paparnya.

Terkait dengan jabatan tinggi pratama yang lowong, Sunyoto memastikan kedepan jabatan tersebut akan dilelang. “Setelah dilelang akan tahu hasil. Baru ditata secara keseluruhan. Insyaalah di tahun ini lelang jabatan dilaksanakan,” pungkas nya. (*)


End of content

No more pages to load