Bupati Blitar menjadi irup upacara Harlah ke 50 MTsN Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Bupati Blitar menjadi irup upacara Harlah ke 50 MTsN Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Bupati Blitar Rijanto menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara bendera memperingati Harlah Emas ke-50 Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Blitar di Desa Kunir, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar, Selasa (8/10/2019).

Upacara Harlah Emas MTsN 1 Blitar dihadiri jajaran Kepala OPD Teknis, Kemenag Kabupaten Blitar, Muspika Kecamatan Wonodadi, serta para siswa dan guru MTsN 1 Blitar.

MTsN 1 Blitar adalah madrasah tertua di Blitar. Perjalanan 50 tahun ini ditandai dengan diraihnya prestasi membanggakan di tiga bidang, yakni sebagai sekolah adiwiyata mandiri, sekolah ramah anak dan sekolah literasi. Diraihnya tiga prestasi tersebut ditandai dengan prasasti yang ditandatangani oleh bupati di akhir upacara.

Dalam wawancara kepada awak media, Bupati Blitar Rijanto, mengaku bangga dengan perkembangan pesat yang ditunjukkan MTsN 1 Blitar. Dari tahun ke tahun sekolah ini berkembang pesat, baik dari segi lulusan, kurikulum maupun prestasi.

“Dari dulu sekolah ini adalah sekolah unggul, meraih predikat sekolah akselerasi dan sekarang diubah menjadi SKS, anak yang bagus lulus hanya dalam waktu 2 tahun. Prestasi terus diukir dan sekarang meraih tiga predikat sekaligus, yakni adiwiyata, sekolah ramah anak dan sekolah literasi,” ungkap Bupati Rijanto.

Bupati menambahkan, diraihnya predikat sekolah adiwiyata ditunjukkan dengan asrinya lingkungan sekolah dan karakter peduli lingkungan yang ditunjukkan oleh para siswa. “Lingkungan sekolah ini semakin asri, semakin bagus dan dan kesehatan lingkungan benar-benar terwujud dan masyarakat sekolah ini menjadi masyarakat yang sehat,” imbuh bupati yang dikenal peduli dan dekat dengan rakyat.

Sementara terkait sekolah literasi, bupati mendorong kepada siswa MTsN Kunir untuk gemar membaca, gemar ke perpustakaan agar para siswa mendapatkan bekal ilmu yang berguna bagi masa depannya. “Para siswa ini adalah calon-calon pemimpin bangsa. Harus gemar membaca agar mendapat ilmu yang bermanfaat dan menjadi pribadi-pribadi yang berkarakter,” tandasnya.

Sementara itu Plt Kepala MTsN 1 Blitar, Aripin, mengatakan di usia ke 50 tahun ini MTsN Blitar bertekad terus memberikan kontribusi lulusan lulusan terbaik bagi bangsa dan Negara. MTsN 1 Blitar berkomitmen membekali generasi muda islam dengan ilmu pengetahuan dan ilmu agama berlandaskan iman dan takwa.

“Selain itu kami ingin membentuk siswa berkarakter dengan lingkungan yang sehat dan asri. Sehingga kami harapkan sekolah ini bisa menjadi laboratorium dan memproduksi lulusan yang semoga oleh Allah diridhoi menjadi ahli, teknokrat dan pemimpin berjiwa Islami dan bertakwa Allah SWT,” paparnya.(kmf)