Wabup Marhaeinis UW dan keluarga nyobolos Pilkades di TPS Desa Bendosewu.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Wabup Marhaeinis UW dan keluarga nyobolos Pilkades di TPS Desa Bendosewu.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Wakil Bupati Blitar, Marhaeinis Urip Widodo, menyalurkan hak suaranya pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Desa Bendosewu, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Selasa (15/10/2019).

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Blitar berlangsung hari ini di 167 desa.

Pilkades kali ini diikuti sebanyak 312 calon kepala desa (cakades). 

Kedatangan Marhaeinis selain untuk nyoblos, juga memantau berlangsungnya pilkades. 

Tak hanya itu, dua istri Marhaeinis diketahui juga maju sebagai calon kades di Pilkades edisi ini, yakni Halla Unaryanti maju sebagai Kades Bendosewu dan Fandriawa Anitasari maju sebagai calon kades di Pilkades Desa Wonorejo Kecamatan Talun. 

Keduanya maju sebagai petahana seetalah terpilih di periode pertama jabatan.

Di TPS Desa Bendosewu, orang nomor dua di Kabupaten Blitar datang bersama dua putrinya yang cantik menantu dan cucu yang masih balita. 

Putri pertamanya yakni Nasa Barcelona Marhaeinis diketahui baru saja terpilih sebagai Anggota DPRD Kabupaten Blitar di konstentasi Pileg beberapa waktu lalu. 

Sementara Halla Unaryanti, istri pertama Marhaeinis berada di panggung TPS bersama rivalnya Muhammad Anwar Zen.

Tak ada yang istimewa, meski orang nomor dua di Kabupaten Blitar saat tiba di TKP, Marhaeinis bersama anak dan menantu mengantri bersama-sama dengan warga masyarakat lainnya. 

Setelah mengantri cukup lama untuk keperluan validasi data, Marhaeinis bersama keluarga menyalurkan hak suaranya dengan mencoblos di bilik suara. 

Setelah mencoblos, Marhaeinis menjadi sasaran kerumunan warga yang bersalaman dan meminta foto bersama.

Sebelum berpamitan meninggalkan TPS, Marhaenis yang dikenal hobi olahraga meminta izin kepada panitia pilkades untuk menyalami kedua calon kades Bendosewu. 

Saat bersalaman dengan Halla Unaryanti terjadilah momen haru dimana Marhaeinis memeluk dan mencium  istri tercintanya.

Kepada awak media, Wabup Marhaeinis berharap Pilkades serentak di Kabupaten Blitar tahun ini berjalan aman, kondusif dan menjadi percontohan bagi daerah lain.

“Harapan saya Pilkades di Kabupaten Blitar ini bisa menjadi contoh dan barometer bagi daerah lain, khususnya di Jawa Timur. Semoga pilkades aman dan tidak terjadi gesekan-gesekan yang berarti, sukses dan berjalan sesuai dengan harapan kita,” ungkap nya.

Lebih lanjut Wabup memuji tingginya partisipasi masyarakat dalam Pilkades serentak tahun ini.

Dirinya pun berpesan kepada masyarakat Kabupaten Blitar untuk turut serta menjaga kamtibmas selama Pilkades berlangsung.

”Silahkan menyampaikan dukungan, silahkan kampanye untuk meraih simpati pendukung, tapi tolong tetap dihargai yang namanya demokrasi. Kita harus tetap menghargai pilihan yang dipilih oleh warga masyarakat,” imbau wabup yang dikenal peduli dan dekat dengan rakyat. (kmf)