Sejumlah pelajar yang bolos dibawa ke Kantor Satpol PP Kota Blitar
Sejumlah pelajar yang bolos dibawa ke Kantor Satpol PP Kota Blitar

Asyik bolos sekolah sejumlah siswa siswi terjaring dalam operasi penertiban yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Blitar, Senin (25/11/2019). Mereka diantaranya ada yang sedang nongkrong sambil merokok di warung kopi, di rental PS, hingga tengah tertidur pulas di tempat penitipan motor.

Sekretaris Satpol PP Kota Blitar, Hadi Maskun mengatakan, ada sepuluh pelajar yang terjaring. Enam siswa SMA, tiga siswi MTs dan satu siswa SMP. Hal ini ironis, karena aksi bolos para pelajar ini bertepatan dengan Hari Guru Nasional yang diperingati setiap 25 November.

"Ini sebenarnya ironis, dimana hari ini bertepatan dengan Hari Guru Nasional. Meskipun sebenarnya operasi ini rutin kami lakukan. Kami   menertibkan anak-anak sekolah yang seharusnya belajar di sekolah namun justru berada di luar sekolahan baik yang kita ketahui sendiri maupun atas laporan masyarakat," kata Hadi Maskun.  

Para pelajar yang terjaring operasi ini kemudian dibawa ke markas Satpol PP Kota Blitar. Mereka kemudian di beri pembinaan. Pembinaan tidak hanya dilakukan petugas Satpol PP saja, namun orang tua dan guru juga diundang untuk bersama-sama melakukan pembinaan.

"Upaya pembinaan bukan hanya dilakukan Satpol PP, karena kami sebenarnya hanya menertibkan saja. Sehingga hari ini kami juga mengundang guru dan wali murid," jelasnya.(*)