Hernawan Miftakhul Khabib
Hernawan Miftakhul Khabib

Tahapan penyerahan dukungan bakal pasangan calon perseorangan (independen) dalam Pilwali Kota Blitar 2020 diperkirakan lebih singkat. Hal ini dikarenakan adanya perubahan jadwal tahapan pemilihan umum dari KPU RI.

Hal ini dikatakan oleh anggota Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Teknis, Hernawan Miftakhul Khabib. Menurutnya, ketetapan itu sesuai dengan surat instruksi dari KPU RI menyebutkan ada perubahan jadwal tahapan Pilwali 2020. Akan tetapi, detail perubahan jadwal tahapan Pilwali 2020 masih menunggu PKPU tentang tahapan yang baru.

"Saat ini kami masih mengacu PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, karena PKPU yang baru belum keluar. Untuk detail perubahan jadwal tahapan Pilwali, kami tetap menunggu PKPU yang baru," jelas Khabib, Selasa (26/11/2019).

Menurut Khabib, adanya surat instruksi dari KPU RI ini membuat KPU Kota Blitar harus menunda pelaksanaan tahapan Pilwali 2020. Misalnya, soal tahapan pengumuman syarat minimal dukungan calon perseorangan yang seharusnya dilakukan pada 25 November 2019 harus ditunda.

"Pengumuman syarat minimal dukungan calon perseorangan menunggu PKPU tentang Tahapan Pilwali yang baru. Instruksi dari KPU RI juga meminta menunda pengumuman syarat minimal dukungan calon perseorangan sampai PKPU baru keluar," ujarnya," sambungnya.

Dia menjelaskan, adanya perubahan jadwal ini akan berpengaruh ke tahapan-tahapan Pilwali 2020. Terutama tahapan bagi bakal pasangan calon perseorang. Menurutnya, ada informasi tahapan penyerahan syarat minimal dukungan bakal pasangan calon perseorangan juga lebih pendek.

Sesuai tahapan lama, jadwal penyerahan syarat minimal dukungan calon perseorangan dimulai pada 11 Desember 2019 sampai 5 Maret 2020. Tetapi, di jadwal yang baru, informasinya penyerahan syarat minimal dukungan calon perseorangan hanya sampai Februari 2020.

"Informasinya masa penyerahan syarat minimal dukungan calon perseorangan lebih pendek. Itupun harus sudah beres semua persyaratannya. Karena tidak ada perbaikan persyaratan untuk calon perseorangan ketika sudah masuk di tahapan pencalonan," tukasnya.(*)