Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama anak-anak saat meresmikan taman baca dan bermain. (eko Arif s /JatimTimes)
Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama anak-anak saat meresmikan taman baca dan bermain. (eko Arif s /JatimTimes)

Masyarakat Kediri yang ingin mengajak anak-anak bermain sembari belajar kini punya alternatif baru. Yakni Taman Baca dan Bermain “Permata Hati” yang berlokasi di Kelurahan Kampung Dalem, Kota Kediri. 

Taman yang asri tersebut, diresmikan langsung oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Minggu (1/12/19). Dalam sambutannya, Abdullah Abu Bakar menyampaikan terima kasih kepada tokoh masyarakat Kampung Dalem yang memiliki inisiatif membangun taman baca dan bermain itu. 

"Bapak-ibu di sini sadar sekali akan pertumbuhan anak. Anak-anak juga harus diberi media seperti lingkungan yang baik, taman bermain, tempat untuk baca dalam menunjang tumbuh kembang anak yang lebih baik," ujarnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kota Kediri menjelaskan bahwa dia meminta warga Kelurahan Kampung Dalem selalu menjaga taman baca tersebut. Terutama agar tetap menjadi tempat yang nyaman untuk anak. 

Menurutnya, karakter anak-anak zaman sekarang sudah berbeda dari anak zaman dulu. "Anak sekarang selalu bertanya ‘kenapa’ dalam setiap hal, itu adalah ciri-ciri anak yang cerdas," tuturnya.

“Saya selalu memberi pesan kepada Bapak-Ibu guru, agar anak-anak diberi tantangan untuk membaca buku apa saja. Karena dengan membaca buku, akan membangun imajinasi. Kalau anak-anak suka membaca, dapat dengan cepat melihat peluang yang ada,” ujar Mas Abu, sapaan akrabnya.

Abdullah Abu Bakar juga berpesanagar fasilitas taman bacaan tersebut harus digunakan dengan sebaik mungkin. Selain itu, buku-buku di taman baca ini harus selalu di-update.

“Saya yakin kalau putra-putri panjenengan baca di sini akan pintar, anak-anak jangan dipegangi HP, nonton TV waktunya disempitin saja. Nonton TV itu yang baik kalau nonton acara-acara yang mendidik dan waktu yang banyak digunakan untuk baca buku di taman baca ini saja,” ujarnya.

Terakhir, Mas Abu menghimbau bapak ibu dan guru yang ada di Kampung Dalem ini agar anak-anak diajak diskusi. "Anak-anak kalau tidak diajak diskusi mereka tidak akan jago berargumentasi, hal itu yang perlu ditumbuhkan dari anak-anak," sebutnya.

Peresmian Taman Baca dan Bermain Permata Hati Kelurahan Kampung Dalem ini ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti.

Turut hadir dalam acara ini Camat Kota Hery Purnomo, Lurah Kampung Dalem Kota Kediri Rohmat Setyo Rianto, Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Amanah Kampung Dalem Riadi, Karang Taruna Kelurahan Kampung Dalem, Ketua RT dan RW di Kelurahan Kampung Dalem, serta ibu dan anak warga Kelurahan Kampung Dalem.