Kumpulan pemain top dunia (istimewa)
Kumpulan pemain top dunia (istimewa)

Sepak bola adalah olahraga yang saat ini paling digandrungi oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia, karena memiliki gengsi permainan yang membuat jantung selalu berdegup kencang.

Tapi bagi anda pencinta sepak bola, apakah sudah tahu beberapa skill menawan yang biasanya dikeluarkan oleh pemain top dunia untuk mengelabuhi lawan? Berikut MalangTIMES akan memberi beberapa nama tipuan yang biasanya digunakan para pesohor sepak bola di dunia sekaligus para pencetusnya.

1. Tendangan Pisang

Masih ada yang ingat sama tendangan Roberto Carlos? Ya, legenda bek kiri Timnas Brazil dan juga tim asal Spanyol Real Madrid yang memiliki kepala plontos dan terkenal tendangan dengan kaki kiri mautnya.

Tapi yang paling berkesan dan bisa diingat oleh pecinta sepak bola yakni saat Timnas Brazil melawan Timnas Perancis pada Piala Dunia tahun 1997. Saat itu Roberto Carlos yang menggunakan kaki kiri luarnya mencoba melakukan tendangan bebas kurang lebih 40 meter dari gawang Timnas Perancis yang dijaga oleh Fabian Barthez.

Bak disambar petir, tendangan Roberto Carlos bisa melengkung sempurna dan sulit ditebak oleh Barthez yang saat itu menjadi kiper terkenal karena membela Manchester United. Alhasil, bola masuk ke gawang setelah sebelumnya membentur tiang sisi kiri gawang dari Barthez.

Nah, ternyata teknik tendangan bebas yang melengkung bagai pisang itu diperkenalkan pertama kali oleh pemain sayap asal Portugal yaitu Ricardo Quaresma.

Teknik ini terlihat sangat sederhana, karena hanya mengandalkan sepakan kaki bagian luar saja. Tapi jika tidak dilatih sebelumnya tentu akan sangat sulit dilakukan, bahkan beberapa pemain top tidak bisa melakukan dengan baik jika tidak mempunyai skill di atas rata-rata.

Dengan teknik seperti itu Quaresma yang perannya sulit tergantikan di Timnas Portugal kerap kali membuat penjaga gawang sulit untuk menebak arah bolanya. Dan memang kalau dilihat-lihat itu memang sulit terduga sih arah bolanya kemana.

2. Rainbow Flick

Pasti pecinta sepak bola sudah akrab dengan nama mega bintang Paris Saint-Germain Neymar Jr. Mantan pemain Barcelona ini memang dikenal sebagai penyerang yang 'ulet' ketika menguasai bola. Bahkan bisa dikatakan bahwa jika pemain Timnas Brazil bernomor punggung 10 itu mendrible bola, adalah petaka bagi lini pertahanan lawan.

Nah beberapa skill juga kerap diperagakan oleh Neymar Jr, salah satunya yakni Rainbow Flick yakni trik yang biasanya dilakukan sambil berlari ke depan dengan bola, dan dilakukan dengan menggulirkan bola ke belakang satu kaki dengan kaki lainnya, sebelum menjentikkan kaki yang berdiri ke atas untuk mendorong bola ke depan dan melewati kepala lawan.

Tapi jauh sebelum Neymar Jr terkenal dan menjadi pemain termahal, trik ini kerap digunakan oleh bintang Bolton Wanderers era tahun 2002 hingga 2006 yakni Jay-Jay Okocha.

Ya, legenda sepak bola Negeria itu memang dikenal sebagai pemain yang memiliki kemampuan luar biasa. Salah satu teknik tipuannya yang membuat lawan pasrah adalah Rainbow Flick. Padahal saat itu Liga Inggris terkenal dengan permainan yang cukup keras, tapi Okocha mampu menjadi pemain berbeda dan bisa dikenal sebagai gelandang berbahaya saat itu.

Kini trik tersebut sudah banyak dilakukan oleh pemain sepak bola dunia bahkan hingga di Asia.

3. The Panenka Kick (Penalti)

Nama trik ini diambil pertama kali oleh pemain Timnas Cekoslowakia, Antonin Panenka. Pemain yang lahir 2 Desember 1948 terkenal berkat tendangan penaltinya yang mengecoh kiper kawakan kala itu dari Timnas Jerman Sepp Maier pada final Piala Eropa 1976.

Karena tendangan penalti yang membutuhkan mental sangat kuat dan skill sang pemain yang bagus ini, hingga dunia menetapkan trik tersebut dengan nama Panenka.

Tapi dalam beberapa negara, ada sebutan lain untuk trik Panenka ini, antara lain yakni Il Cucchiaio (Italia), Cavadinha (Brazil) dan Picado (Argentina) yang teknik tendangannya sama.

Untuk diketahui teknik tendangan untuk penalti ini sebenarnya mudah dilakukan, hanya saja membutuhkan mental yang kuat dari sang eksekutor. Karena untuk menjadi penendang penalti bukan lagi dipilih karena skillnya, tapi mentalnya.

Triknya, bola bagian bawah disentuh menggunakan kura-kura kaki sebelah kiri sehingga bola akan naik dan melaju turun tepat di gawang saat tendangan penalti. Biasanya arah tendangan dilakukan ke tengah sehingga kiper lawan akan kesulitan untuk menebak dan menjangkau bola.

Setelah trik tendangan tersebut terkenal, beberapa pemain top dunia seperti David Beckham, Andrea Pirlo hingga Sergio Ramos kerap menggunakan cara tersebut untuk mengelabuhi kiper lawan ketika menjadi eksekutor penalti.

4. Heel Chop Turn Skill Move

Siapa sih yang tidak kenal CR7 (Cristiano Ronaldo), mega bintang Juventus dengan kemampuan individu yang super yahut ini punya gerakan tipu yang mematikan saat beraksi di atas lapangan. Nah salah satu tipuan yang sering ia lakukan disebut dengan Heel Chop Move.

Teknik tipuan ini mengandalkan kecepatan pergerakan pada kaki dengan tidak menyentuh bola dan segera melakukan perubahan arah pergerakan bola saat sudah dirasa pas, sehingga lawan yang saat itu mengejar bola akan sulit menebak pergerakan.

Trik ini biasanya dilakukan oleh pemain dengan kemampuan skill tinggi dalam sepak bola, seperti Neymar Jr, Lionel Messi, Paulo Dybala hingga pemain Timnas Indonesia Zulham Zamrun.

5. Aurelio FootBall Trick

Kemampuan mengocek si kulit bundar yang satu ini sih terbilang gampang-gampang susah untuk dilakukan, karena sang pemain harus memiliki ketenangan ketika membawa bola.

Tapi apakah kalian tahu siapa yang pertama kali mampu melakukan gerak tipu yang biasanya kerap dilakukan oleh mantan bintang Barcelona dan Timnas Brazil Ronaldinho? ternyata dia adalah Rodrigo Taddei, mantan punggawa AS Roma di Liga Italia mulai 2005 hingga 2014 lalu.

Nah, jika diperhatikan teknik ini juga membutuhkan pergerakan kaki yang cepat dan akurat, karena bola akan digiring keluar sisi kaki kiri dari arah belakang menggunakan kaki kanan dan kemudian dengan cepat menggembalikan posisi kesisi kanan depan.

Pemain kenamaan seperti Neymar Jr, Kylian Mbappe, Eden Hazard juga kerap menggunakan trik ini untuk mengelabuhi lawan. Dan lawan pun akan kesulitan menebak arah bola akan kemana.

6. The Rabona

Para pemain bola memang memiliki ciri khas masing-masing saat bertanding, tapi ada nih gerak tipu yang dikenal dengan istilah The Rabona.

Usut punya usut, meski teknik tersebut telah banyak digunakan sama pemain lain, ternyata Rabona diyakini pertama kali dilakukan oleh pemain Argentina bernama Ricardo Infante pada tahun 1948 silam.

Sebenarnya dalam sepak bola jika pemain menggunakan trik Rabona, lawan secara tidak langsung akan tercengang dan dalam hitungan detik seperti tidak merebut bola, karena bingung dengan trik tersebut.

Mudah saja bila untuk pemula ingin belajar, namun yang pasti harus berlatih terlebih dulu untuk kekuatan ankle kaki, karena di situ letak kekuatan dari trik Rabona sendiri.

Caranya, bila kaki terkuat untuk menendang adalah kaki kanan tentu kaki kiri digunakan untuk tumpuan. Tapi meletakkan tumpuan kaki kiri adalah di sisi kanan bola, lalu kaki kanan menendang dengan bagian kura-kura melalui belakang kaki kiri. Begitu juga sebaliknya jika tendangan dilakukan dengan kaki kiri.

Posisi badan sendiri saat itu otomatis akan sedikit miring karena tumpuan berada di sisi berlawanan dari kaki. Silahkan dicoba, tentu akan menarik loh jika sudah bisa melakukan.

7. The Cruyff Turn

Ternyata bukan hanya hubungan percintaan saja yang biasa palsu. Di dalam sepak bola juga ada teknik operan palsu yang dikenal dengan nama The Cruyff Turn.

Nah, teknik ini pertama kali dilakukan oleh Johan Cruyff pada piala dunia tahun 1974 di Jerman. Dengan tipuan seperti itu pemain lawan mengira Cruyff ini akan mengoper bola ke rekan setimnya, nyatanya eh malah menyeret bola ke arah berlawanan.

Untuk melakukannya trik ini, harus mempunyai kecepatan berlari yang cukup karena teknik ini digunakan untuk menjauh dari lawan yang sedang menempel ketat pergerakan bawa bola.

Jika dalam posisi menyerang tetapi saat itu dijaga ketat oleh bek lawan, posisi awal adalah harus membelakangi lawan dan melindungi bola agar lawan tidak bisa menendang atau merebut.

Kemudian teknik pura-pura melakukan umpan kepada rekan untuk mengelabuhi lawan sebelum menyeret bola di belakang kaki yang berdiri, berputar 180 derajat, dan berakselerasi menjauh.

8. Flip-Flap

Untuk gerakan yang satu ini sering kali digunakan oleh beberapa pemain top Timnas Brazil macam Ronaldo atau Ronaldinho, tapi ada yang tahu enggak siapa pencipta gerakan yang bernama Flip-Flap ini. Ternyata gerakan seperti ini pertama kali dilakukan oleh salah satu legenda Brazil, yang bernama Rivelino.

Teknik tipuan yang mengandalkan kecepatan kaki untuk memindahkan arah bola ini mulai dikenal sejak Piala Dunia 1970.

Gerakan ini terlihat sangat ampuh dilakukan untuk mengelabuhi lawan ketika mendrible bola. Tak jarang trik ini dilakukan oleh para penyerang sayap yang biasanya melakukan serangan melalui sisi luar lapangan.

Teknik ini harus menggunakan kecepatan kaki karena memindahkan arah bola tidak semudah yang dibayangkan. Dalam posisi ini kita sebagai pemegang bola harus berhadapan dengan lawan, lalu mulai melakukan teknik ini dengan mendorong bola ke sisi luar dengan menggunakan kura-kura luar kemudian dipindahkan dengan kaki kura-kura bagian dalam bersama kaki yang sama.

9. Body Feint

Ferenc Puskas merupakan pemain depan asal Hungaira yang ternyata menjadi salah satu pencetus teknik tipuan dalam sepakbola. Gerakan tipuannya dikenal dengan istilah Body Feint. Nah, teknik semacam itu ia lakukan saat memperkuat negaranya di Piala Dunia tahun 1953.

Teknik seperti ini saat ini kerap digunakan oleh mega bintang Barcelona Lionel Messi. Dan memang sangat ampuh untuk mengelabuhi bek lawan.

Body Feint sendiri adalah cara mengelabuhi lawan dengan cara memanfaatkan kelenturan tubuh agar lawan tidak mengikuti bola. Biasanya lawan akan mengikuti gerakan tubuh, padahal bola diarahkan ke sisi berlawanan dari gerak tubuh.

10. 360

Legenda sepakbola Argentina Diego Maradona juga punya nih kemampuan menipu lawan yang sungguh luar biasa. Teknik tersebut dikenal dengan sebutan 360, nah dengan teknik seperti itu Maradona terlihat berputar 360 derajat dengan menggunakan satu kaki saja saat menguasai bola. Lalu menggiring menggunakan kaki yang satunya dan berhasil melewati lawannya.

Teknik ini sangat sulit dilakukan jika sang pemain tidak memiliki skill di atas rata-rata, karena dengan berputar 360 derajat menggunakan satu kaki saja tidak akan mudah.

Tapi pemain yang punya skill seperti Messi, Neymar, Mbappe akan bisa melakukan hal ini untuk sekadar mengelabuhi lawan.