Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam
Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur memaksimalkan sosialisasi pada pemilih pemula guna meningkatkan angka partisipasi dalam Pilkada Kota Blitar 2020. Sasaran KPU adalah para pemilih pemula yang masih berstatus pelajar dan baru lulus SMA.

Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam dikutip BLITARTIMES dari laman situs resmi Pemkot Blitar, mengatakan jumlah pemilih pemula mencapai sekitar 0,2 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Blitar. Jumlah pemilih pemula itu masih angka prediksi dari KPU. Jumlah itu berdasarkan data yang diperoleh KPU Kota Blitar dari Pemilu 2019 lalu.

“Saat ini para pemilih pemula menjadi target utama sosialisasi di Pilwali Kota Blitar 2020. Karena pemilih pemula merupakan objek demokrasi yang juga penting,” ungkap Choirul Umam.

Dikatakannya, untuk memaksimalkan sosialiasi ke pemilih pemula, KPU Kota Blitar berencana membentuk duta pemilih pemula. Duta pemilih pemula bertugas memberikan sosialisasi ke para pemilih pemula terutama bagi pelajar SMA dan mahasiswa.

“Ini prediksi ya, jumlah pastinya jelas setelah nanti DPT keluar, tapi melihat perkembangan, sepertinya tidak akan jauh selisihnya,” lanjutnya.

Lebih dalam Umam menyampaikan, saat ini KPU Kota Blitar gencar menggelar Sosialisasi Pilwali 2020 ke sekolah-sekolah. “Kami ingin jangan sampai para pemilih pemula itu tidak tahu cara menggunakan hak pilihnya di Pilwali 2020,” pungkasnya.(*)