Aktivitas pengelolaan Bank Sampah di Bank Sampah Sumber Rejeki Sutojayan.(Foto : Team BlitarTIMES)
Aktivitas pengelolaan Bank Sampah di Bank Sampah Sumber Rejeki Sutojayan.(Foto : Team BlitarTIMES)

Kabupaten Blitar dinilai terdepan dalam bidang pengelolaan sampah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kota/kabupaten lain yang belajar pengelolaan Bank Sampah ke Kabupaten Blitar. 

Beberapa program pengelolaan sampah, seperti Balistik (Blitar Libas Sampah Plastik) nyata membuat Blitar sukses mengelola sektor persampahan. Rencananya pada hari Senin (9/12/2019) Bank Sampah dan kelompok masyarakat dari Kabupaten Grobokan dan Kabupaten Tarakan akan berkunjung untuk melihat dan belajar pengelolaan Bank Sampah di Kabupaten Blitar. 

Beberapa lokasi yang dikunjungi, di antaranya ke Bank Sampah Sumber Rejeki di Kecamatan Sutojayan dan Bank Sampah 3R di Lingkungan Majekan, Kelurahan Wlingi, Kecamatan Wlingi. Rencananya, rombongan tersebut akan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Tarakan. 

“Bank Sampah ini merupakan kunci bagi Kabupaten Blitar untuk mengurangi sampah dari rumah tangga. Kedua, Bank Sampah ini menjadi inovasi dan kreasi. Dan ketiga, masyarakat bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari olah sampah melalui daur ulang,” ungkap Kasi Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar, Eko Harnanto ditemui BLITARTIMES di kantornya, Jumat (6/12/2019).

Keunggulan lain Bank Sampah di Kabupaten Blitar adalah sisi kreativitas. Bank Sampah di Kabupaten Blitar juga menjadi pusat pembudidayaan belatung. Belatung ini bukan belatung biasa, belatung ini ialah belatung yang kaya protein tinggi dan bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak. 

Belatung kaya protein ini banyak dimanfaatkan oleh peternak burung, ayam, ikan hingga lele untuk alternatif pakan. Pembudidayaan belatung ini juga menggunakan media sampah organik yang dapat mengurangi suplai sampah organik yang selama ini terkadang menjadi permasalahan.

“Ke depan kami memohon kepada teman-teman dinas yang mendapatkan Dana Bagi  Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) untuk memberikan pelatihan di Bank Sampah dan tempat-tempat lain yang mengembangkan peternakan belatung,” tukasnya.

Kinerja bagus Bank Sampah di Kabupaten Blitar hingga menjadi rujukan daerah lain tak lepas dari program dan pendampingan DLH Kabupaten Blitar. Salah satu program untuk Bank Sampah setiap tahun berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

“Program terus kita genjot untuk Bank Sampah. Setiap tahun selalu ada lomba Bank Sampah, agar Bank Sampah terus semangat. Kita juga rajin anjangsana, agar keakraban kita terus terjalin. Kita juga rajin sharing dan monitor setiap waktu lewat grup WhatsApp Bank Sampah Kabupaten Blitar,” pungkasnya.(*)