Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Yasin Hermanto.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Yasin Hermanto.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar mendorong agar penyaluran bantuan sosial (bansos) bagi warga terdampak virus corona (Covid-19) tepat sasaran. Salah satunya upaya yang dilakukan yaitu memanggil 3 Camat untuk menggali data dan mengevaluasi penyaluran bansos tahap 1 di wilayah Kota Blitar.

Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Yasin Hermanto, menyampaikan, dikesempatan rapat bersama Camat ini Komisi I melakukan evaluasi seluruh bansos yang disalurkan Pemkot Blitar. Meliputi bansos dari pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah daerah.

Baca Juga : Bagikan BLT-DD Serentak di 5 Desa, Bupati Blitar: Jangan untuk Beli Baju Lebaran

“Hari ini Komisi I memanggil 3 Camat. Yakni Camat Sananwetan, Kepanjenkidul dan Sukorejo. Dewan melakukan crosscheck bantuan yang sudah tersalurkan dan belum tersalurkan. Intinya kita ingin memastikan bantuan sosial telah tersalurkan dengan benar,” terang  Yasin Hermanto kepada BLITARTIMES, Senin (18/5/2020).

Di kesempatan ini dewan juga meminta kepada pemkot Blitar untuk mengecek ulang data-data penerima bantuan yang telah masuk. Hal ini dikarenakan masih ada warga Kota Blitar yang harusnya menerima bansos namun hingga hari ini belum menerima bahkan tidak masuk data penerima.

Menurut para Camat, untuk saat ini data yang masuk dari Dinas Sosial Kota Blitar telah diserahkan di Dinas Kominfo untuk di entry. 

Berdasarkan data yang diterima DPRD, tercatat data 14.000 penerima manfaat dengan realisasi saat ini 11.000.

“Dari 14 ribu telah terealisasi 11 ribu penerima manfaat. Nanti untuk data tambahan, akan didata secara manual untuk mengcover warga-warga terdampak yang belum menerima bantuan sosial dari pemerintah,” papar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca Juga : Wali Kota Batu Simpulkan Hari Pertama PSBB Jalanan Sepi

Lebih lanjut Yasin menyampaikan, agar penyaluran bansos tepat sasaran kedepan Komsisi I DPRD akan melaksanakan pendampingan dengan turun langsung ke lapangan.