Gubernur Jatim Khofifah melantik Santoso sebagai Wali Kota Blitar
Gubernur Jatim Khofifah melantik Santoso sebagai Wali Kota Blitar

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa resmi melantik Santoso sebagai Wali Kota Blitar sisa masa jabatan 2016-2021. 

Dengan pelantikan ini Santoso resmi menjabat sebagai orang nomor satu di Kota Blitar Bumi Bung Karno. Pelantikan dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi di Kota Surabaya, Selasa (19/5/2020).

Baca Juga : Dorong Bansos Covid-19 Tepat Sasaran, DPRD Kota Blitar Akan Laksanakan Pendampingan

Santoso yang sebelumnya menjabat pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Blitar diambil sumpah dan  dilantik setelah melalui proses yang panjang. Hingga akhirnya pemerintah pusat  pun menyetujui  dan sampai pula di tangan pemerintah provinsi Jatim.  

Mantan Kepala  Dinas Pendidikan Kota Blitar itu resmi menjadi nakhoda  atau AG 1, sebutan Wali Kota Blitar  di sisa masa jabatan 2016-2021.

Proses pengambilan sumpah  jabatan dan pelantikan berlangsung khidmad dan lancar tanpa kendala. Santoso yang didampingi istri Fetty Wulandari Santoso menirukan satu demi satu kata yang diucapkan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. 

Suasana  khidmat jelas terlihat di ruangan yang berada di Jalan  Gubernur Suryo 7 Surabaya itu. Prosesi digelar mulai pukul 10.00 WIB dan berakhir  pada pukul 10.45 WIB.

“Alhamdulillah, sesuai dengan harapan kita bersama pelaksanaan prosesi sumpah jabatan dan pelantikan hari ini berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan lancar pula bagi kami untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab mengemban amanah di sisa masa jabatan sepuluh bulan hingga Februari 2021 nanti,” ungkap Santoso.

 Turut  mendampingi  pengambilan sumpah Sekretaris Daerah Kota Blitar  Rudy Wijonarko, Asisten 1  Hermansyah Permadi dan Asisten II Djatmiko Budi Santosa.  Ada juga Kepala Kesatuan Bangsa, Politik dan  Penanggulangan Bencana Daerah Hakim Sisworo, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Damanhuri. Tak ketinggalan pula  Forkopimda mulai Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela,  ada juga perwakilan dari Kejaksaan Blitar hingga Dandim 0808 Blitar. Sementara dari DPRD Kota Blitar hadir Ketua DPRD dr Syahrul Alim dan wakilnya Yasin Hermanto. Dari Provinsi Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak dan sejumlah pejabat di lingkup Pemprov Jatim.

Baca Juga : Wali Kota Batu Ingin Pasar Pagi Bisa Disiplin dalam PSBB

Dikatakan Santoso usai pelantikan, dalam memimpin Kota Blitar ke depan dirinya akan memperkuat sinergitas dengan sejumlah pihak khususnya TNI dan kepolisian. Dirinya menargetkan penanganan pandemi Covid-19 benar-benar tuntas. Penanganan khususnya terkait meminimalisir penyebaran Covid-19 dan penanganan pekerja migran Indonesia (PMI).

“Kami akan terus meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kota Blitar. Diantaranya menindaklanjuti imbauan dari Polda untuk membentuk kelurahan tangguh. Ini sudah kami koordinasikan dan tinggal memantapkan saja. Karena Kota Blitar sebenarnya sudah ada,” tegas Santoso.

Lebih dalam Santoso menyampaikan, salah satu gebrakan yang tak kalah penting ialah terkait dengan pemerataan bantuan sosial (bansos). Utamanya yang bersumber dari APBD  Kota Blitar. Harapannya, semua warga yang terdampak bisa segera tertangani.

“Kami menargetkan jangan sampai ada warga terdampak yang mengalami kesusahan. Maka dari itu, hampir tiap hari kami rapat koordinasi untuk pemerataan bantuan sosial kepada masyarakat,”  pungkas Santoso. (Adv)