Dari kiri ke kanan : Wakil Ketua DPRD Yasin Hermanto, Wali Kota Blitar Santoso, dan Ketua DPRD dr Syahrul Alim.(Foto : Team BlitarTIMES)
Dari kiri ke kanan : Wakil Ketua DPRD Yasin Hermanto, Wali Kota Blitar Santoso, dan Ketua DPRD dr Syahrul Alim.(Foto : Team BlitarTIMES)

Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Drs H Santoso, M.Pd sebagai Wali Kota Blitar sisa masa jabatan 2016-2021. 

Santoso dilantik oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa di gedung  Negara Grahadi di Kota Surabaya, Selasa (19/5/2020).

Baca Juga : Dorong Bansos Covid-19 Tepat Sasaran, DPRD Kota Blitar Akan Laksanakan Pendampingan

Pengucapan sumpah dan janji  Santoso sebagai Wali Kota Blitar tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Dalam Negeri Nomor : 131.35-737 Tahun 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Wali Kota dan Pengesahan Pemberhentian Wakil Wali Kota Blitar masa jabatan 2016-2021 ditandatangani dan dikeluarkan oleh Mendagri Tito Karnavian pada 21 April 2020.

“Pertama-tama kami ucapkan selamat kepada Pak Santoso yang dengan pelantikan ini telah sah menjabat sebagai Wali Kota Blitar. Harapan kami dari DPRD, ke depan bisa langsung tancap gas. Ibarat pengemudi telah memiliki syarat-syarat komplit,” ungkap Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Yasin Hermanto kepada BLITARTIMES melalui seluler.

Sesuai dengan arahan Gubernur Jatim Khofifah Indar  Parawansa, tugas berat telah menanti Wali Kota Blitar Santoso. Diantaranya menjalankan program-program Pemkot Blitar khsususnya program yang berkaitan dengan penanganan virus corona (Covid-19).

“Menindaklanjuti apa yang disampaikan Ibu Gubernur, kami dari DPRD mendorong agar Wali Kota Santoso tancap gas melaksanakan program kerja utamanya yang berkaitan dengan penanganan Covid-19," ujar Yasin.

Penyebaran Covid-19 di Kota Blitar harus diminimalisir, karena sesuai data yang dipaparkan Gubernur Jatim ini kategori orang tanpa gejala sekitar 26%, lebih sedikit memang dari Jawa Barat yang mencapai sekitar 70%. 

Baca Juga : Wali Kota Batu Ingin Pasar Pagi Bisa Disiplin dalam PSBB

"Tapi apapun itu Kota Blitar harus waspada, penyebaran Covid-19 harus ditangani secara cermat dan tepat,” tegas politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Yasin  melanjutkan,  dewan juga mendorong agar Wali Kota Blitar yang baru segera menyelesaikan program kerja yang menumpuk di meja kerja.

 “Program kerja yang sudah direncanakan harus segera terealisasi. Kami juga berharap agar pak Santoso dapat menjaga stabilitas dan keberlanjutan kegiatan pembangunan di Blitar Bumi Bung  Karno. Serta merealisasikan kemandirian ekonomi dengan selalu memperhatikan budaya, adat istiadat dan kearifan lokal untuk menunjukkan kepribadian kita sebagai masyarakat kota Blitar yang bermartabat nasionalis-religius,” harap Yasin.