Djarot Saiful Hidayat.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Djarot Saiful Hidayat.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat memastikan rekomendasi untuk calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2020 gelombang kedua segera turun.

Rekom ini termasuk untuk Kota Blitar dan Kabupaten Blitar. Dia mengimbau kader untuk solid dan mendukung pilihan partai.

Baca Juga : Peduli Rakyat, DPRD Kota Blitar Dorong Bantuan Modal Bagi IKM Terdampak Covid-19

Djarot menyampaikan, rekom untuk seluruh Indonesia yang sudah diputuskan dan mengerucut saat ini ada sekitar 130 daerah.

DPP PDIP mentargetkan seluruh rekom daerah untuk gelombang kedua turun pada bulan Juli 2020.

"Di partai dilakukan pengerucutan batasnya sampai bulan Juni, dan nanti rekom akan dikeluarkan bersamaan. Insyaalah pada bulan Juli rekom sudah bisa diluncurkan, termasuk untuk Blitar,” ungkap Djarot kepada awak media ditemui sela Sema’an Macapat di Istana Gebang Kota Blitar, Jumat (5/6/2020) malam.

Disinggung mengenai apakah nanti PDIP akan mengusung calon internal atau koalisi, mantan wali kota Blitar dua periode menegaskan hal tersebut tergantung pada kondisi di masing-masing daerah termasuk Kota Blitar dan Kabupaten Blitar.

“Ada daerah yang pencalonan bisa maju sendiri tapi tetap bekerja sama dengan partai yang lain. Itu tergantung dinamika di daerah itu sendiri,” paparnya.

Sekedar diketahui, akibat pandemi virus Covid-19, pemerintah, DPR dan lembaga penyelenggara pemilu menyepakati bahwa Pilkada Serentak 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember mendatang.

Kesepakatan itu muncul dalam Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPR RI bersama Kementerian Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu dan DKPP pada Rabu (27/5/2020).

Kota Blitar dan Kabupaten Blitar terus bersiap diri menghadapi Pilkada yang dijadwalkan diundur.

Persiapan termasuk dilakukan partai politik dengan menggodok calon-calon kepala daerah yang akan bertarung.

Beberapa nama yang dikabarkan santer akan maju diantaranya Santoso, Henry Pradipta Anwar, Thofan Herinoto dan Kak Toni untuk Pilkada Kota Blitar.

Baca Juga : PPP Absen di Pilkada Kota Blitar 2020 Bila Digelar Desember

Sementara di Kabupaten Blitar petahana Rijanto dan Marhaeinis Urip Widodo diprediksi masih menjadi calon kuat.