Antrean truk tebu di jalur Blitar-Malang di Kecamatan Kesamben
Antrean truk tebu di jalur Blitar-Malang di Kecamatan Kesamben

Dimulainya musim giling di Pabrik Gula Rejoso Manis Indo (RMI) di Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar berimbas pada kemacetan lalu lintas. Antrean truk pengangkut tebu mengular di Jalan Raya Blitar-Malang di Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar, Jumat (19/6/2020). Kemacetan tersebut sepanjang 5 kilometer. 

Pantauan BLITARTIMES, truk-truk tebu tersebut akan masuk ke pabrik gula PT RMI. Namun lahan parkir di kawasan pabrik tidak mencukupi. Imbasnya, truk meluber hingga badan jalan karena untuk menurunkan muatan di pabrik, truk harus antre bergiliran. 

Baca Juga : Menggelar Pesta Pernikahan New Normal di Kota Malang? Kenapa Tidak

Saat dikonfirmasi, Kasat Lantas Polres Blitar AKP Yoppy Anggi Krisna mengatakan, kemacetan panjang terjadi mulai Jumat dini hari. Hingga Jumat siang kemacetan belum dapat diurai. Untuk mengendalikan arus lalu lintas, Satlantas Polres Blitar mengalihkan kendaraan pribadi yang akan menuju Kota Blitar ke jalan alternative melalui jalan utara lewat Kecamatan Doko. 

“Kendaraan pribadi kami alihkan arusnya, agar kemacetan tidak semakin parah. Kami lewatkan jalur di Kecamatan Doko, nanti tembusnya di Kecamatan Wlingi,” papar Yoppy. 

Lebih dalam Yoppy menyampaikan, pihaknya belum bisa memprediksi sampai kapan kemacetan akan terjadi. “Kami belum bisa prediksi, tapi yang jelas kami terus berupaya mengendalikan agar kemacetan tidak semakin parah. Kami telah berkoordinasi dengan pihak pabrik gula jika truk tebu yang akan masuk akan dihentikan dahulu,” pungkasnya.